Categories

Berita

Aruna Kembangkan Solusi Digital Terpadu untuk Industri Perikanan dan Kelautan

Menghadirkan layanan digital management, data intelligent dan online trading

Randi Eka - 27 January 2017

Inovasi digital di sektor riil sangat diperlukan, terutama di sub-sektor kritikal yang menopang kebutuhan hidup orang banyak. Baru-baru ini salah satu startup bimbingan Indigo Creative Nation mulai unjuk gigi. Aruna, startup yang memfokuskan pada pengembangan platform untuk industri perikanan dan kelautan (maritim). Produk yang dikembangkan mencakup tiga layanan, yaitu digital management, data intelligent dan online trading.

Dikembangkan oleh Farid Naufal Aslam (CEO) dan beberapa rekannya, latar belakang ide pengembangan Aruna ialah adanya gap yang cukup signifikan dalam kondisi industri kelautan saat ini. Potensinya besar, namun nyatanya belum mengucurkan hasil yang maksimal bagi para pelakunya. Aruna menilai bahwa keahlian di bidang teknologi informasi dapat menjembatan salah satu permasalahan pada industri ini, yakni dis-efisiensi.

Revolusi digital di bidang kelautan dan perikanan

Sistem yang dikembangkan oleh Aruna didesain untuk saling terintegrasi, menciptakan sebuah tatanan yang lebih terstruktur untuk pemrosesan ekonomi kelautan dari hulu ke hilir. Startup yang bernaung dalam PT Aruna Jaya Nuswantara, saat ini telah memiliki 3 portofolio produk, yakni Integrated Fishery Management, Fishery Data Intelligent dan Online Fishery Trading.

Layanan manajemen memberikan sistem aplikasi untuk pengelolaan bisnis perikanan. Seperti mengelola transaksi, sistem point of sales, pembukuan, pencatatan persediaan, hingga pengelolaan sumber daya manusia. Sedangkan pada sistem data intelligent Aruna menyediakan sistem monitoring real-time dan data analisis yang didesain untuk memberikan berbagai insight (termasuk kondisi persediaan dan pasar) bagi para pelaku industri. Di dalamnya juga ada Fishery Data Crowdsourcing sebagai upaya menyatu-padukan data dalam industri perikanan Indonesia.

Dan yang ketika ada layanan penjualan online, yang didesain sebagai sebuah online marketplace and trading untuk memberikan keleluasaan kepada nelayan dalam menjual komoditas hasil tangkapannya. Saat ini layanan marketplace tersebut sudah direpresentasikan dengan portal PasarLaut.com.

Selain menyediakan produk terpadu yang siap terap, Aruna juga berkomitmen memberikan ruang bagi para inovator dan unsur penggerak dalam industri kelautan dan perikanan untuk berkreasi bersama memajukan ekonomi di sub-sektor kelautan. Melalui Aruna Institute upaya tersebut digalakkan. Aruna Institute sendiri didesain sebagai sebuah komunitas terbuka, sehingga memberikan peluang bagi siapa saja yang tertarik untuk bergabung.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter