23 October 2013

by Yoga Wisesa

Asha 500, 502 dan 503, Jajaran Ponsel Baru Nokia di Lini Low-end

Melengkapi tiga seri Lumia baru yang diperkenalkan di Nokia World Dubai, mereka juga meluncurkan tiga buah handset baru di bawah seri Asha: 500, 502 dan 503. Nama yang diusung tipe varian 'entry level' ini menunjukkan sebuah hierarki - semakin besar angka dibelakang nama, maka ia merupakan model yang semakin baik.

Jadi apa yang dimiliki tiga buah Asha baru ini? Asha 500 memiliki layar 2,8-inci dengan kamera belakang 2-MP dan konektivitas 2G. Tipe 502 mempunyai layar yang lebih lebar - 3-inci, kamera lima-megapixel lengkap dengan flash dan konektivitas 2G yang sama. Di bagian teratas podium, Nokia melengkapi Asha 503 dengan layar curved Gorilla Glass tiga-inci, kamera 5-MP dengan fitur flash dan koneksi 3.5G.

Tiga smartphone ini memiliki konektivitas lain yang sama, dengan RAM yang sama - 64MB - dengan dukungan ekspansi memori microSD yang sama, hingga 32GB. Sedikit perbedaan datang dari dukungan dual-SIM, hanya tipe Asha 502 yang tidak milikinya. Kita tahu dengan fitur Dual-SIM maka 'smartphone-smartphone' ini ditujukan untuk pasar ekonomis.

Walau begitu, Nokia juga ingin tiga ponsel  ini dilengkapi sebuah fitur yang berarti. Walaupun bukan menjadi bagian keluarga Windows Phone, Nokia membenamkan fitur-fitur yang cukup canggih di dalam tiga ponsel pintar ini. Fastlane adalah fungsi andalan mereka. Dengan 'home screen kedua' ini Anda bisa membalas pesan dengan cepat, berbalas komentar di jejaring sosial dan mengakses notifikasi lainnya.

Nokia juga telah meningkatkan fungsionalitas yang berhubungan dengan kamera, galeri foto dan fungsi share. Seperti menggunakan platform canggih lainnya, hanya membutuhkan beberapa sentuhan untuk membagikan foto atau mengakses galeri dari viewfinder.

Seperti yang juga hadir pada Asha 501, ketiga varian baru ini juga dilengkapi integrasi dengan aplikasi WhatsApp dan didukung app-appphoto editing seperti Picfeed, Pictag dan Photofunia.

Nokia merancang seri Asha baru ini dengan dua lapis material polycarbonate berkualitas dan pilihan warna yang cerah - lapisan dalam yang berwarna dan lapisan luar yang transparan. Hal ini memberikan mereka sebuah penampilan sangat unik. Asha seri 500 disajikan dengan warna merah cerah, kuning lemon dan hijau. Soal harga, baik Asha 500, 502 dan 503 disajikan dengan sangat bersaing. Asha 500 dibanderol US$ 69, 502 seharga US$ 89 dan Asha 503 diberi harga 99.

Seri Asha adalah ponsel yang berdiri tepat di antara garis pemisah feature phone dengan smartphone. Namun dengan kemampuan integrasi yang semakin menyerupai sepupu-sepupunya yang lebih 'cerdas', maka mungkin reputasi Asha di industri ini akan semakin baik.

Sumber berita dan gambar: Nokia.com.