AsiaStar 10x10 Jadi Cara Alibaba Cloud Soroti Startup Indonesia ke Kancah Global

Daftarkan startup Anda untuk mempresentasikan impact produk Anda pada investor terkemuka dan seluruh dunia

Asia Tenggara dikenal sebagai kawasan yang tersohor akan potensi pertumbuhan ekonomi serta populasi masyarakatnya yang didominasi oleh golongan usia produktif. Kondisi tersebut tentu menarik bagi kalangan investor maupun pekerja luar negeri. Dari kondisi itu pula lah yang akhirnya mendorong inisiatif Project AsiaForward Alibaba Cloud yang bekerjasama dengan berbagai mitra perusahaan teknologi terkemuka yang akan menyelenggarakan perhelatan AsiaStar 10x10.

Mitra terkemuka dari proyek inisiatif tersebut di antaranya adalah; Thomas Tsao (Founding Partner dari Gobi Partners), Dzuleira Abu Bakar (CEO dari MRANTI Corp), Mohan Belani (CEO dan Co-Founder dari e27), dan masih banyak lagi. Bersama-sama, para praktisi  ini akan mengenali, mengakui, dan mengapresiasi prestasi dari beragam perusahaan rintisan di bidang teknologi yang beroperasi di Asia Tenggara.

AsiaStar 10x10 akan berfokus pada eksibisi 100 perusahaan, komunitas, dan proyek yang beroperasi dalam sepuluh kategori di seluruh kawasan Asia Tenggara. Dengan program ini, Alibaba Cloud bermaksud untuk merayakan inovasi teknologi masyarakat luas bersama dengan investor termasyhur, lembaga pemerintah, dan beberapa media terkemuka. Berikut ini adalah sepuluh kategori dalam AsiaStar 10x10 yang perlu Anda ketahui:

Trailblazers (perintis)

Kategori ini berisi perusahaan pra-IPO atau proyek dengan pendanaan Seri B yang telah memberikan peranan yang krusial dalam mendorong inovasi teknologi di kawasan operasi bisnis mereka. Perusahaan-perusahaan dianggap telah memiliki daya kompetitif yang tinggi dan berhasil memukau investor global, serta membuka jalan pengaruh yang positif terhadap ekosistem startup pada umumnya yang didorong oleh cakupan produk yang luas, serta kinerja dan fundamental bisnis yang baik.

Gamechangers

Sesuai namanya, perusahaan dengan kategori gamechanger merupakan perusahaan rintisan yang dianggap mampu mengubah situasi pasar dengan rekor-rekor dan performa bisnis yang cemerlang, seiring dengan berkembangnya kancah teknologi Asia Tenggara.

Growth

Kategori ini mencakup startup tahap awal yang menjanjikan dan telah mengembangkan produk yang solutif, unik, dan inovatif. Perusahaan pada kategori ini telah mengumpulkan dana hingga Seri B. Startup dalam kategori ini juga diketahui mampu membawa perubahan yang esensial di pasar tempat mereka beroperasi.

Enabler

Kategori Enabler mencakup pada perusahaan SaaS –perusahaan yang menyediakan layanan jasa berbasis software– yang menyediakan dukungan krusial untuk perusahaan dari setiap lini bisnis. Perusahaan ini menjadi dasar dari proses digitalisasi bisnis konvensional atau perusahaan lainnya. Startup yang berada dalam kategori ini telah menjadi langkah penting dalam memodernisasi ekonomi kawasan Asia Tenggara secara keseluruhan.

Explorer

Perusahaan yang berada pada kategori ini adalah perusahaan rintisan Tiongkok yang telah berhasil menjelajah ke kawasan Asia Tenggara dan membangun kehadiran yang kuat. Asia Tenggara adalah rumah bagi pasar luar negeri yang penting bagi perusahaan teknologi yang berbasis di China. Perusahaan Explorer ini dinilai telah berhasil mengatasi perbedaan budaya, aturan perundang-undangan, serta tantangan dari segi lokalisasi yang biasanya membutuhkan pemikiran adaptif dan orientasi pada masa depan.

Open Source

Startup open source umumnya merupakan perusahaan yang berfokus pada percepatan digitalisasi, dengan memberikan dukungan teknologi terhadap berbagai entitas lain. Startup yang berada di klaster ini juga umumnya menekankan transparansi, skalabilitas, dan kemudahan penggunaan. Proyek-proyek Open Source juga dianggap mampu mempercepat laju kemajuan teknologi di kawasan Asia Tenggara.

Frontiers

Frontier adalah kategori yang memayungi perusahaan startup yang menawarkan produk sangat teknis. Perusahaan yang masuk pada kategori ini di antaranya adalah perusahaan quantum computing, perusahaan dengan inovasi biotek dan medis, teknologi luar angkasa, serta solusi canggih lainnya. Perusahaan Frontiers dinilai dapat menimbulkan disrupsi yang mendasar dan dapat mengganggu stabilitas bisnis di masa saat ini, bahkan apabila visi mereka tampak tidak masuk akal.

Impact

Perusahaan pada kategori ini umumnya telah membawa kemajuan tingkat mendasar dan signifikan di tempat mereka beroperasi. Perusahaan-perusahaan biasanya akan lebih memiliki visi dan misi serta tujuan sosial sebagai fondasi mereka. Tak tertutup juga, perusahaan-perusahaan ini juga telah berhasil mengenalkan produk dan solusi mereka ke pasar yang baru untuk peningkatan taraf dan kualitas hidup komunitas.

Investor

Biasanya Investor adalah tulang punggung pertumbuhan untuk setiap bisnis yang ingin berkembang. Namun tentu saja, hanya investor yang telah memberikan impact jangka panjang yang akan dimasukkan dalam kategori ini, dengan mempertimbangkan kepada aset yang telah dikelola, ukuran portofolio, jumlah exits, serta keseluruhan value creation untuk startup di kawasan regional.

Launchpads

Mencakup pada institusi pendidikan dan pengembangan yang menyediakan ekosistem yang aman dan nyaman untuk mengembangkan startup di masa mendatang. Kategori ini memberikan kesempatan kepada wirausahawan baru untuk mengasah ide dan business acumen mereka sebelum mereka melangkah secara mandiri.

Tertarik ingin bergabung di AsiaStar 10x10? Perlu Anda ketahui, dari 10 kategori di atas, hanya perusahaan dan entitas pada kategori Growth, Enablers, Open Source, Frontiers, dan Impact yang dapat mendaftar secara terbuka bagi siapa saja pada perhelatan AsiaStar 10x10. Perlu diingat, hanya pelamar yang telah memberikan dampak berarti di kancah teknologi Asia Tenggara antara Juli 2021 dan Juni 2022 yang akan dipilih.

Setiap pendaftaran nantinya akan dievaluasi oleh perwakilan lembaga pemerintah, investor, dan media untuk memastikan semua proses dilaksanakan secara transparan dan adil. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai AsiaStar 10x10, Anda dapat mengunjungi laman resmi asiastar10x10.kr-asia.com. Silakan kunjungi juga tautan ini untuk mengirimkan pengajuan atau nominasi untuk kategori 100 perusahaan yang akan dipertontonkan pada publik.

DailySocial.id adalah mitra media program Alibaba Cloud 10x10 yang merupakan bagian dari inisiatif Project AsiaForward Alibaba Cloud.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again