10 January 2017

by Bambang Winarso

Muncul di Situs Resmi, Asisten Virtual Bixby Siap Debut?

Bixby diyakini bakal menghuni smartphone Samsung Galaxy S8, plus integrasi ke Samsung Pay Mini

Asisten virtual Bixby sudah jadi topik perbincangan sejak beberapa bulan yang lalu. Kecerdasan buatan berbasis suara tersebut dikabarkan mempunyai kemampuan untuk terintegrasi lebih dalam ke aplikasi-aplikasi native. Salah satunya ke aplikasi Samsung Pay Mini, sistem pembayaran baru yang dikabarkan dipersiapkan untuk rilis dalam waktu dekat.

Integrasi antara Bixby dan Samsung Pay Mini terkuak dalam sebuah screenshot yang dijumpai di situs resmi Samsung. Dalam bocoran tersebut, terpampang label Samsung Pay Beta yang menawarkan beberapa opsi, dua di antaranya adalah Mini dan juga Bixby.

Selain soal integrasi Samsung Pay Mini, Bixby juga diyakini bakal menjadi asisten virtual yang menghuni flagship berikutnya, Galaxy S8. Namun yang membuat Bixby istimewa, kemungkinan Samsung sudah membenamkan pula teknologi kecerdasan buatan yang dimiliki oleh Viv, startup yang diakuisisi tahun lalu. Plus, sangat mungkin Samsung tak melupakan basis teknologi yang ada di S Voice untuk diintegrasikan ke dalam Bixby. Kombinasi tiga teknologi tersebut berpotensi menjadikan Bixby sebagai piranti lunak asisten virtual paling powerful dan komplet. Bahkan mungkin saja lebih hebat dari Google Assistant, Siri, Cortana, Alexa dan juga Google Now.

Samsung Pay Mini sendiri merupakan kembangan dari layanan pembayaran mobile Samsung Pay. Bedanya, fitur ini ditujukan hanya untuk pembayaran via online. Tidak seperti Samsung Pay yang dapat digunakan untuk belanja ke super market atau toko fisik.

Sumber berita AndroidPolice dan gambar header Pixabay.