12 December 2014

by Bambang Winarso

[Ask The Expert] Jawaban Trenologist Soal RAM Lenovo P770 Hingga Integrasi Twitter ke Facebook Page

Kolom Ask The Expert merupakan program tanya jawab baru yang memberikan kesempatan bagi para pembaca Trenologi yang ingin mengajukan pertanyaan seputar gadget, teknologi, game, layanan internet, blogging dan SEO atau tema digital lain.

Setiap pertanyaan nantinya akan dijawab oleh tim redaksi yang disebut Trenologist. Mereka adalah para expert di bidangnya yang dengan setia akan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Terima kasih atas pertanyaan-pertanyaan yang sudah dikirimkan ke redaksi, pertanda bahwa program ini mendapatkan respon yang baik dari Trenogoers. Di minggu ini, TRL pilih beberapa pertanyaan yang bisa terjawab, beberapa masih dalam tahap penjajakan dan semoga bisa naik minggu depan.

Pertanyaan Pertama:

Hp saya Lenovo P770 memiliki RAM 1 GB, bagaimana caranya agar aplikasi tersimpan semua ke Kartu Memori? Sebab RAM-nya mudah penuh. Mohon solusinya terima kasih.

Noghemen

Jawaban

Terima kasih Noghemen, yang dimaksud barangkali adalah memori internal. Untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal coba tap menu Settings - App kemudian tap salah satu aplikasi dan tap Move to SD Card. Tapi tidak semua aplikasi bisa dipindahkan loh ya.

Kalau ingin yang lebih mudah, Anda dapat memasang aplikasi Link2SD atau yang sejenisnya.

 

Info Menarik: Total Pengguna Instagram Kalahkan Twitter

 

Pertanyaan Kedua:

Cara mengintegrasikan FB Page yang saya kelola melalui FB pribadi saya ke Twitter. Saya sudah coba tetapi tidak bisa. Pada saat akan ke app twitter harus memakai/dipindahkan k FBpribadi saya. Tidak bisa melalui FB Page.

Andika Zulkarnain

Jawaban

Bisa kok Andika, caranya seperti ini:

  • Login seperti biasa ke Twitter kemudian buka Settings - Applications. Jika akun Twitter belum terhubung maka integrasikan dahulu. Setelah terintegrasi, harusnya Anda melihat tampilan seperti ini. Lanjut dengan mengklik menu link Allow.

  • Jika muncul jendela popup baru klik Okay.

  • Kemudian Anda akan dibawa kembali ke halaman sebelumnya, tapi sekarang akan bertambah sebuah opsi baru Post to my Facebook page. Anda tinggal pilih mau ke page yang mana.

 

Info Menarik: Ini Dia Brand Teknologi Yang Berjaya di Facebook dan Twitter Bulan November

 

Pertanyaan Ketiga:

Min, kalo iPhone 4s buat main game HD nge-lag gak yah? Ram-nya kan 512mb. Saya mau beli tapi takut ntar gak bisa buat main game HD.

Ryan

Jawaban

Kalau diukur dari layarnya, iPhone 4s memang tidak cukup ideal untuk digunakan bermain game HD. RAM perangkat yang hanya 512MB pun tidak banyak membantu. Tapi iOS punya kelebihan di sisi sistem operasinya yang sudah dioptimasi sehingga berjalan sangat halus walau dengan spek hardware yang minim.

Sayangnya saudara Ryan tidak memberikan rincian game HD apa yang ingin dimainkan. Tapi, TRL sudah coba mainkan beberapa judul game menggunakan iPhone 4s, di antaranya Clash of Clans, Subway Surfer dan Dream League Soccer. Walau bukan game HD sekelas Fifa 2014 atau Real Racing 3. Namun ketiganya masih tergolong game dengan grafis yang lumayan berat dan semua berjalan lancar dimainkan di iPhone 4s.

Pertanyaan Keempat:

Mengapa Smartfren Andromax tidak menyediakan upgrade OS Android. jikalau ada kita harus membeli Andromax yang terbaru..   terimaksih.

Martinur Mubdi Syakurohin

Jawaban

Update sistem operasi bukan hanya soal menghadirkan fitur-fitur baru, ada faktor-faktor pendukung lain yang juga dipertimbangkan. Namun begitu Smartfren telah menyediakan panel khusus yang dapat Anda akses di Setting - About Phone - System Update  untuk mengunduh update, dengan catatan bila tersedia.

Hanya saja memang vendor tidak merilis update untuk semua perangkat. Apa saja perangkat yang mendapatkan update? Itu akan tergantung kebijakan mereka.


Itu dia jawaban dari Trenologist atas pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke meja redaksi Trenologi. Terima kasih sekali lagi. Jika Anda masih mempunyai pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar atau menggunakan formAsk the Expert.

Sumber gambar header Android via Shutterstock.