22 January 2015

by Bambang Winarso

[Ask The Expert] KitKat Gagal Upload Video Path dan Mengapa Wajib Backup Saat Pasang ROM

Halo! Jumpa lagi dengan kolom Ask the Expert. Kali ini mengangkat 3 pertanyaan yang diajukan oleh pembaca Trenologi. Sebelumnya redaksi ucapkan terima kasih atas respon yang diberikan, dan bagi yang belum mendapat jawaban mohon untuk bersabar karena beberapa pertanyaan cukup sulit untuk dijawab.

Kembali TRL ingatkan bahwa kolom Ask The Expert merupakan program tanya jawab baru yang memberikan kesempatan bagi para pembaca Trenologi yang ingin mengajukan pertanyaan seputar gadget, teknologi, game, layanan internet, blogging dan SEO atau tema digital lain.

Langsung saja, ini 3 pertanyaan yang masuk ke meja redaksi dan menjadi topik utama kita.

Pertanyaan Pertama:

Mau nanya nih, handphone saya sejak OS-nya saua update dari Jelly Bean ke KitKat kok jadi gak bisa buat unggah video ke Path. Gagal terus padahal jaringan mendukung. masalah ini juga terjadi pada handphone teman saya.

Ryan

Jawaban:

Thanks Ryan, pertanyaan yang bagus. Sayangnya, saya punya kabar buruk untuk Ryan. Isu soal kegagalan upload video di Path khususnya perangkat dengan OS Android KitKat sudah lama bergaung, ini juga diamini oleh pengembang Path, ini kata mereka:

Prior to our Path 4.0 update, we discovered that the KitKat OS (4.4+) update on Samsung devices was causing problems for the video upload and recording function in our Android app. As a result, many Samsung device users on KitKat were reporting that video upload and recording was not working, or even crashing the app. As a result, in the Path 4.0 update we have removed this malfunctioning video upload and recording feature for all Samsung devices running KitKat. Our team are going to investigate what is causing these problems, and we hope to return the fully-working video feature at some stage in the future. Uploading and recording videos in messaging on Path for Android has never been possible, and is still not currently an option in Path Talk. We are also hoping to add this feature to Path Talk for all Android users at some stage in the future.

Saya pribadi belum mengetahui apakah masalah ini sudah teratasi atau belum, dengan senang hati redaksi menerima masukan apabila sobat Trenogoers lainnya sudah mendengar kabar perbaikan oleh Path. Begitu ya Ryan, semoga sekarang paham apa penyebab masalah tersebut. Downgrade bisa jadi solusi paling tepat untuk saat ini.

 

Info Menarik:[Ask The Expert] Jawaban Trenologist Soal Isi Pulsa Via Bima Tri, Kuesioner dan Galaxy Core Prime

 

Pertanyaan Kedua:

Apakah perlu mem-backup data jika ingin mengganti ROM?

Hari Sidik Pramono

Jawaban:

Jawabannya bukan perlu, tetapi HARUS! Apa sebab? Backup ROM tidak hanya memuat beberapa file, melainkan seluruh data yang ada baik itu aplikasi, launcher, akun, foto,video, audio dan termasuk pengaturan terakhir perangkat.

Sehingga jika Anda tidak membuat backup terlebih dahulu dan tiba-tiba proses instalasi ROM gagal, urusannya bisa semakin rumit. Tetapi jika Anda mempunyai backup, Anda tinggal melakukan restore dan perangkat kembali seperti semula.

Backup juga sangat penting untuk jaga-jaga apabila ROM yang Anda pasang ternyata tidak sebagus yang dikira. Dengan adanya backup Anda bisa kembali ke ROM lama kapanpun Anda mau.

 

Info Menarik:Daftar 25 Password Paling Pasaran di 2014, Anda Salah Satu Penggunanya?

 

Pertanyaan Ketiga:

Apakah Lenovo a690 bisa di-upgrade ke ICS atau JellyBean?

Haqni Alghoitsa

Jawaban:

Saya mengerti Anda tak sabar menunggu upgrade resminya, tapi dengan berat hati saya katakan bahwa untuk Lenovo A690 sepertinya saat ini belum tersedia. Hal ini bisa dilihat dari Android Upgrade Matrix di halaman resmi Lenovo di tautan ini.

 

Itu dia jawaban dari Trenologist atas pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke meja redaksi Trenologi. Terima kasih sekali lagi. Jika Anda masih mempunyai pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar atau menggunakan formAsk the Expert.

Gambar Header Android via Shutterstock.