29 January 2015

by Bambang Winarso

[Ask The Expert] Koneksi Bagus Tapi BBM Tidak Berfungsi, Solusinya Bagaimana?

Halo sobat Trenogoers, masih semangat? Harus dong! Apalagi akhir pekan sudah di depan mata. Sambil menunggu akhir pekan tiba, TRL akan menemani sobat dengan pembahasan kolom rutin mingguan kita, Ask The Expert. Di edisi ini mengangkat satu pertanyaan yang sepertinya lumayan sulit.

Sebelum masuk ke pembahasan, kembali TRL ingatkan bahwa kolom Ask The Expert merupakan program tanya jawab baru yang memberikan kesempatan bagi para pembaca Trenologi yang ingin mengajukan pertanyaan seputar gadget, teknologi, game, layanan internet, blogging dan SEO atau tema digital lain.

Langsung masuk ke pertanyaan.

Mas, saya mau tanya kenapa bbm saya tdk ada notifikasi,jg tdk bisa mengirim dan menerima pesan padahal saya pake wifi dan aplikasi yg lain seperti Line, Whatsapp dan browsing bisa..untuk memperbaharui bbmny jg gak bisa sdh saya coba di playstore tapi statusnya sdh terpasang dan gak ada pilihan untuk memperbaharui. Pake jaringan seluler juga gak bisa, mohon pencerahannya admin. terima kasih.

Mikki

Jawaban:

Pertanyaan yang sangat menantang, terima kasih Mikki. Saya akan coba memberikan jawaban, semoga bisa mengatasi permasalah yang sedang dihadapi.

 

Info Menarik:Cara Mengaktifkan Notifikasi dan Update Status Via SMS di Facebook

 

Pertama buka Setting - App Manager, berhubung saya tidak menggunakan Samsung, sesuaikan dengan susunan menu di perangkat Mikki. Selanjutnya temukan aplikasi BBM, saya tebak aplikasi BBB yang ada di ponsel Anda adalah versi pre-install. Kalaupun bukan, tak jadi masalah. Ikuti saja arahan seperti tadi.

  • Berikutnya coba perhatikan di bagian seperti gambar ini, ada tidak tombol Uninstall updates. Jika ada tap tombol tersebut. Jika tidak ada, lewatkan langkah ini.

 

Info Menarik:Cara Menyembunyikan Daftar Teman di Facebook dari Akses Publik

 

Sebelum melaksanakan langkah ini, Anda HARUS mencatat dahulu email dan sandi BlackBerry ID yang digunakan di ponsel tersebut. Sebab data tersebut nanti sangat Anda butuhkan. Jika sudah disimpan atau diingat, silahkan hapus cache dan data seperti yang saya tandai di gambar ini. Langkah ini akan menghapus akun BBM Anda sehingga harus login dari awal.

Berikutnya restart ponsel Anda. Setelah kembali hidup, jalankan BBM seperti biasa dan login dengan BlackBerry ID yang sebelumnya digunakan. Kemudian lihat hasilnya, coba untuk mengirim pesan ke salah satu kontak. Apabila sudah berhasil, lanjutkan dengan langkah berikutnya.

Jalankan aplikasi Play Store - My App dan coba temukan aplikasi BBM.

 

Info Menarik:Panduan Lengkap Menggunakan WhatsApp di Komputer

 

Apabila ada, coba update dari sana. Tetapi jika tidak ditemukan, ketik "BBM" (tanpa tanda petik) di kotak pencarian dan pastikan Anda menemukan aplikasi BBM resmi. Dari sana lakukan update.

Demikian, Mikki. Semoga tutorial ini dapat membantu masalah yang sedang Anda hadapi. Terima kasih sekali lagi. Jika Anda atau sobat Trenogoers lain yang masih mempunyai pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar atau gunakan formAsk the Expert.

———–

Perkaya Wawasan Anda Terkait BBM di Artikel Ini:

Cara Membuat Grup BBM AndroidCara Memblokir Feed Update Status Teman di BBM AndroidCara Membuat Pesan Broadcast di BBM Android[Ask the Expert] Rangkuman Jawaban Soal DP BBM, Gagal Login Yahoo Hingga Update Android[Ask the Expert] Tentang Pengaturan Aplikasi BBM dan Pengaturan Data AndroidTutorial Instal BBM di Perangkat Android