27 February 2015

by Bambang Winarso

[Ask the Expert] Solusi Memori Internal Android Cepat Penuh dan Instalasi Modem di OS X Yosemite

Halo sobat Trenogoers, jumpa lagi ya dengan kolom Ask The Expert. Di edisi ini kita akan mengulas tiga pertanyaan yang dikirimkan oleh pembaca setia Trenologi kepada redaksi. Yang merasa sudah mengirimkan pertanyaan tetapi belum diangkat, sabar ya.

Sebelum masuk ke pembahasan, kembali TRL ingatkan bahwa kolom Ask The Expert merupakan program tanya jawab baru yang memberikan kesempatan bagi para pembaca Trenologi yang ingin mengajukan pertanyaan seputar gadget, teknologi, game, layanan internet, blogging dan SEO atau tema digital lain.

Pertanyaan Pertama:

Min, kalau mau memperbaharui pola kunci Clean Master Find Phone gimana?

Eko

Jawaban:

Terima kasih Eko atas pertanyaannya, untuk mengubah pola kunci di CM Security caranya seperti ini:

  • Buka aplikasi Clean Master kemudian tap Find Phone. Di saat berada di panel Find Phone tap tombol setting (tiga titik di sudut kanan atas) kemudian tap Change password.

Info Menarik:Seperti ini Cara Membeli Aplikasi Android Pakai Pulsa Telkomsel

  • Masukkan pola lama Anda (yang sudah Anda buat sebelumnya) kemudian Anda akan melihat tampilan yang sama, namun perintahnya berbeda. Buat pola yang baru.

  • Konfirmasikan kembali pola yang baru sekali lagi.

  • Selesai, pola Anda sudah diganti dengan pola baru.

Info Menarik:5 Langkah Penting Saat Anda Baru Saja Kehilangan Smartphone Android

Pertanyaan Kedua

Saya punya isu dengan instalasi modem di OS X Yosemite. Apakah ada solusinya? Saya menggunakan modem Smartfren dan tFlash stick. Isunya berupa aplikasi modem selalu tidak bisa dijalankan pasca instalasi.

Deviana

Jawaban:

Untuk solusi mengenai modem Smartfren dan tFlash yang tidak bisa dijalankan setelah instalasi, mungkin bisa cek di laman dukungan dari kedua modem tersebut. Biasanya para penyedia produk modem akan menyediakan aplikasi pendukung versi terbaru jika ada update dari sebuah sistem operasi dalam hal ini OS X Yosemite.

Mengingat OS X Yosemite baru diluncurkan akhir tahun yang lalu jadi bisa saja aplikasi yang terdapat dalam modem belum kompatibel dengan OS X Yosemite dan menyebabkan aplikasi tidak dapat dijalankan atau crash saat dibuka.

Selain itu, bisa juga untuk mengecek pengaturan dari OS X Yosemite yang dimiliki lewat System Preferences - Security and Privacy. Pada tab General, pastikan untuk memilih “Anywhere” pada “Allow apps downloaded from:".

Info Menarik:Tips Mencari Perangkat Windows Phone Jika Terselip di Dalam Rumah

Pertanyaan Ketiga:

Gimana caranya agar memori Android gak cepat penuh? Saya pakai Lenovo A706 pada pengaturan penyimpanan kan ada penyimpanan internal dengan ruang 2GB dan satu lagi penyimpanan internal dgn ruang 1,5GB dan saya juga pakai memori external 8GB.

Tapi kenapa memori internal yg 2GB itu selalu cepat penuh. Saya bahkan sudah menghapus beberapa aplikasi yang jarang saya pakai tapi tetep saja cepat penuh. Saya juga selalu hapus cache yang katanya bisa membantu. Bahkan beberapa aplikasi yang bisa di simpan di memori saya pindahkan ke kartu SD.

Bagaimana caranya file yang ada di memori internal yg 2 GB tadi dipindah ke memory external? Pemakaian terbesar di memori 2GB itu ada di OS dan aplikasi yang tersisa hanya 103MB. Setting penyimpanan sms, sms, WA, dll juga sudah saya atur di SD card. Bisa tolong dibantu. Terima kasih.

Sasha

Jawaban:

Sasha, apa yang Anda lakukan dengan memindahkan aplikasi ke kartu SD sudah benar. Namun dikarenakan memori internal smartphone Anda rendah, jadi memang daya tampungnya sangat terbatas. Untuk mengatasi problema yang Anda hadapi, redaksi mempunyai beberapa saran tambahan, antara lain:

  • Jika memungkinkan, ubah penyimpanan default ke kartu SD. Caranya tapSetting – Storage, ubah default penyimpanan ke kartu Eksternal. Dengan cara ini maka data-data seperti foto, sms, video, download akan secara otomatis tersimpan di kartu SD atau memori eksternal.
  • Hapus cache secara rutin sehari sekali, bisa dengan aplikasi atau secara manual. (bBaca panduannya di sini)
  • Coba gunakan Clean Master (unduh di sini), kemudian manfaatkan fitur-fitur di dalamnya. Berdasarkan pengalaman penulis, Clean Master tidak hanya mampu membersihkan cache tetapi juga mampu melacak dan membersihkan residual files atau file sisa dari aplikasi yang sudah dicopot. Kemudian aplikasi juga mampu melacak file dari Lost.dir, gambar thumbnail, foto ganda dan berukuran besar untuk kemudian dihapus.
  • Pindahkan aplikasi ke kartu SD, ini sudah Anda lakukan dan sudah betul. Tetapi beberapa aplikasi tidak bisa dipindahkan dengan cara biasa. Coba gunakan aplikasi Link2SD atau App2SD atau semacamnya. Bahkan dengan aplikasi ini pun tidak semua dapat dipindah jika belum di-root.
  • Copot aplikasi yang tidak penting, misalnya perangkat mempunyai dua buah browser, gunakan salah satu saja.
  • Anda bisa juga menghapus data-data aplikasi atau game, caranya tapSetting – App - pilih salah satu aplikasi atau game kemudian klik Clear Data. TAPI, cara ini akan menghapus semua data game, Anda harus mengulang dari awal atau login lagi untuk aplikasi sejenis Facebook, WhatsApp atau BBM. Jadi, sebaiknya pilih aplikasi atau game yang memungkinkan untuk login atau mengulang dengan intensitas yang sering.

Demikian Eko, Deviana dan Sasha jawaban dari redaksi Trenologi. Semoga dapat membantu. Jika Anda atau sobat Trenogoers lain yang masih mempunyai pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar atau gunakan formAsk the Expert.

Sumber gambar header Shutterstock.

———–

Perkaya Wawasan Anda Terkait BBM di Artikel Ini:

Cara Membuat Grup BBM AndroidCara Memblokir Feed Update Status Teman di BBM AndroidCara Membuat Pesan Broadcast di BBM Android[Ask the Expert] Rangkuman Jawaban Soal DP BBM, Gagal Login Yahoo Hingga Update Android[Ask the Expert] Tentang Pengaturan Aplikasi BBM dan Pengaturan Data AndroidTutorial Instal BBM di Perangkat Android