1 September 2016

by Bambang Winarso

[Ask the Expert] Bagaimana Cara Membuat Watermark di Microsoft Word 2010?

Watermark berguna untuk menandai hak cipta atau kepemilikan suatu karya

Pertanyaan:

Mas, saya sedang membuat karya tulis ilmiah sederhana. Bagaimana caranya agar dokumen tersebut punya watermark sehingga hak ciptanya tertera nama saya? Terima kasih

Lusi

Jawaban

Watermark atau tulisan/logo transparan di sebuah objek baik tulisan, foto atau halaman situs kerap dijadikan tanda kepemilikan atau hak milik/cipta yang bertujuan mencegah klaim orang lain.

Tanda ini bisa dibuat secara bebas meski secara hukum Anda bukanlah pencetus atau penemunya. Caranya pun sangat mudah, terutama pembuatan watermark di dokumen Microsoft Word. Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda langkah lengkapnya mulai dari watermark teks hingga gambar.

Membuat Watermark Teks

  • Buka dokumen yang ingin diberi watermak, kemudian klik menu ribbon Page Layout - Watermark.

  • Lalu pilih sendiri model watermark yang ingin Anda sematkan. Tapi, label watermark yang digunakan masih menggunakan label default. Bukan label nama atau nama usaha Anda.

  • Untuk menampilkan watermark dengan nama atau brand, klik menu Custom Watermark.

  • Pilih Text watermak dan ketik di kolom Text label yang Anda inginkan. Pilih ukuran dan juga jenis hurufnya jika dianggap perlu. Terakhir klik Apple - OK.

Membuat Watermark Bergambar

  • Tak ada yang istimewa, Anda cukup mengulangi langkah di atas, klik Custom Watermark dankali ini pilih Picture watermark lalu klik Select Picture dan saat muncul jendela dialog baru, pilih gambar yang diinginkan.

Demikian, semoga jawaban ini cukup membantu Anda.

Sumber gambar header Pixabay.