Cara Menghemat Baterai Asus ZenFone 2 Laser

[Ask the Expert] Bagaimana Cara Menghemat Baterai Asus ZenFone 2 Laser?

Asus ZenFone 2 Laser punya fitur bawaan bernama Power Saver yang dapat digunakan untuk memangkas konsumsi baterai
Ilustrasi manajemen baterai Asus ZenFone 2
Ilustrasi manajemen baterai Asus ZenFone 2

Baterai masih menjadi momok bagi sebagian besar pengguna smartphone Android tak terkecuali pemilik Asus ZenFone 2 Laser. Meskipun smartphone ini termasuk salah satu model keluaran terbaru.

Pertanyaan

Halo, saya pengguna baru Asus ZenFone 2 Laser yang 5 inci. Mas, minta tolong ada tidak trik atau aplikasi yang bisa dipakai untuk menghemat baterai di smartphone ini ya? Soalnya,karena takut kehabisan baterai, saya harus bawa powerbank dan charger ke mana-mana. Terima kasih, Dailysocial.

Hani

Jawaban:

Terima kasih Hani atas pertanyaannya. Saya coba jawab ya.

Semua varian Asus ZenFone 2 dilengkapi fitur power management yang namanya Power Saver. Di fitur ini Anda dapat memilih mode hemat daya yang sudah disiapkan oleh sistem, atau mengatur sendiri apa saja yang harus dimatikan saat mode diaktifkan.

Kemudian fitur ini juga dilengkapi dengan pasangannya, smart switch yang berguna untuk mengatur agar smartphone menjalankan mode tertentu ketika, satu baterai dalam kondisi krtis. Atau dua, Anda dapat mengatur berdasarkan jam. Bagaimana mengatur fitur-fitur ini? Yuk, kita coba sama-sama.

  • Buka menu Settings – Power Management – Power Saver.
Cara Menghemat Baterai Asus ZenFone 2 Laser_1
Power Saving merupakan fitur bawaan semua varian Asus ZenFone 2

 

  • Di panel Power Saver akan ada beberapa mode hemat baterai. Mode-mode ini bisa Anda pilih secara manual di waktu-waktu khusus saat Anda ingin menghemat baterai perangkat. Tetapi jika Anda ingin mode berjalan otomatis, tap menu Smart Switch.
Cara Menghemat Baterai Asus ZenFone 2 Laser_2
Pilihan mode hemat baterai yang tersedia
  • Di Smart Switch ada dua pengaturan, aktivasi otomatis berdasarkan sisa baterai (Switch by battery level) dan aktivasi mode otomatis berdasarkan jam (switch by schedule).
Cara Menghemat Baterai Asus ZenFone 2 Laser_3
Smart Switch membantu mengatur aktivasi mode hemat daya secara otomatis

 

  • Untuk mengatur aktivasi otomatis silahkan tap Switch by battery level kemudian pilih salah satu persentase yang akan dijadikan batas minimum.

Cara Menghemat Baterai Asus ZenFone 2 Laser_4

  • Sedangkan jika Anda ingin mengatur jadwal mode berdasarkan jam, tinggal memilih opsi Switch by schedule, kemudian ubah posisi Off ke posisi On. Kemudian pilih waktu mode diaktifkan dan kapan mode dimatikan. Terakhir pilih mode hemat daya yang akan diaktifkan di jam-jam tersebut.
Cara Menghemat Baterai Asus ZenFone 2 Laser_5
Pengaturan jadwal aktivitasi mode hemat daya secara otomatis

Sebagai penutup, karena fitur Power Saver ada di semua varian Asus ZenFone 2, maka tutorial ini juga dapat diaplikasi ke varian-varian lain, tidak hanya ZenFone 2 Laser. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Ilustrasi gambar header Mystore.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…