Categories

Gadget

Astell & Kern Luncurkan DAC USB-C, Cocok untuk Smartphone yang Tak Dilengkapi Headphone Jack

Sanggup menjalankan file audio beresolusi 32-bit/384kHz

Glenn Kaonang - 22 March 2021

Smartphone tanpa headphone jack tentu bukan sesuatu yang mengherankan lagi di tahun 2021 ini, apalagi kalau melihat sebagian besar dari kita yang sudah terbiasa menggunakan TWS. Namun apakah itu berarti headphone non-wireless yang kita miliki harus dimuseumkan begitu saja?

Tentu tidak, karena masih ada yang namanya dongle USB-C (atau Lightning jika Anda menggunakan iPhone). Berkat aksesori ini, kita tetap bisa menyambungkan headphone ke ponsel via konektor 3,5 mm, dan itu juga tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya komponen bernama DAC (digital-to-analog converter) di dalam dongle tersebut.

Kualitas tiap DAC tentu berbeda. Ada yang murah tapi berkualitas standar, ada juga yang mahal tapi dirancang untuk memaksimalkan kapabilitas dari suatu headphone atau earphone kelas high-end. Kalau yang Anda cari adalah tipe DAC yang kedua ini, Anda bisa melirik penawaran terbaru dari Astell & Kern.

Produsen asal Korea Selatan yang dikenal akan lini DAP (digital audio player) portabelnya itu baru saja meluncurkan sebuah DAC mini yang cukup menarik. Sepintas ia kelihatan seperti kebanyakan dongle USB-C ke 3,5 mm yang ada di pasaran, akan tetapi ukurannya sedikit lebih bongsor karena harus mengemas komponen kelas audiophile.

Komponen yang dimaksud adalah sepasang chip DAC Cirrus Logic CS43198 MasterHIFI yang mendukung pemutaran file audio dalam format native PCM 32-bit/384kHz DSD256. Dipadukan dengan desain sirkuit audio dan sejumlah komponen kelistrikan yang sama seperti yang digunakan pada lini DAP Astell & Kern, DAC ini siap dipasangkan bersama headphone atau earphone kelas high-end yang Anda miliki.

Menariknya, meski hanya mengandalkan suplai daya dari perangkat yang terhubung, DAC ini diklaim masih sanggup menenagai headphone berimpedansi tinggi dengan output level 2 Vrms. Konektor USB-C berarti ia dapat digunakan bersama perangkat Android maupun Windows dan macOS. Sayangnya, ia sama sekali tidak kompatibel dengan platform iOS, termasuk iPad Pro generasi terbaru yang dilengkapi port USB-C.

Secara estetika, perangkat bernama lengkap AK USB-C Dual DAC Cable (PEE51) ini sengaja dirancang dengan gaya desain yang serupa seperti lini DAP Astell & Kern. Ukurannya boleh kecil, akan tetapi rangkanya sepenuhnya terbuat dari bahan logam yang premium. Bobotnya sendiri hanya berada di kisaran 25 gram.

Seperti yang bisa ditebak dari produk-produk Astell & Kern, harga DAC ini jauh dari kata murah: $149. Meski begitu, target pasar yang dituju tentu adalah mereka yang selama ini tidak segan mengucurkan ratusan hingga ribuan dolar hanya untuk sebuah headphone. Pemasarannya sendiri dijadwalkan berlangsung mulai bulan Mei mendatang.

Sumber: The Verge dan What Hi-Fi.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter