Categories

Otomotif

Aston Martin AM-RB 001 Diizinkan Turun ke Jalan Meski Ia Bisa Melesat Secepat Mobil F1

Rencananya, Aston Martin akan membenamkan mesin V12 bertenaga 900BHP di bagian tengah kendaraan dua kursi ini.

Yoga Wisesa - 13 July 2016

Istilah street legal mengacu pada kendaraan yang diperbolehkan turun ke jalan karena telah memenuhi syarat keamanan. Meskipun spesifikasinya berbeda-beda di setiap negara, mobil F1 dan sejumlah tipe eksperimental sudah pasti tidak diizinkan dikendarai di jalan-jalan perkotaan. Tapi impian menjadi pembalap F1 tentu belum sirna jika Anda memiliki banyak uang.

Dua nama terkemuka di bidang otomotif baru saja menyingkap kreasi dari sebuah proyek besar. Aston Martin dan tim F1 Red Bull menyingkap AM-RB 001, yaitu kendaraan kelas hypercar yang diracik untuk merebut gelar mobil tercepat di dunia. Para penciptanya dengan percaya diri mengklaim bahwa AM-RB 001 mampu melesat secepat – bahkan secara teori bisa melampaui – mobil Formula 1.

Aston Martin AM-RB 001 1

Selain janji performa super-tinggi, aspek menarik lain dari AM-RB 001 adalah ia dari awal dirancang sebagai mobil street legal. Rencananya, Aston Martin akan membenamkan mesin V12 baru di bagian tengah kendaraan dua kursi ini. Beberapa fitur F1 juga turut diadopsi di sana seperti sistem energy recovery untuk ‘memanen’ tenaga kinetik yang dihasilkan saat mengerem.

Tim Red Bull yang dipimpin oleh desainer Adrian Newey bertugas buat memastikan AM-RB 001 mendapatkan tekanan downforce sempurna, terpenuhi berkat sistem aerodinamis di sisi bawah kendaraan. Di sinilah letak rahasia AM-RB 001: lantainya dirancang untuk membungkus kabin serta merangkul sisi bawah ruang mesin.

Aston Martin AM-RB 001

Bagian atas dan wujud AM-RB 001 secara keseluruhan sendiri digarap oleh chief designer Aston Martin Marek Reichman. Dari foto-fotonya, area depan kendaraan ini memiliki penampilan ala mobil khusus balapan, kemudian terdapat diffuser di belakang untuk memastikan chassis ringan AM-RB 001 tetap mencengkram aspal saat dipacu di kecepatan tinggi.

AM-RB 001 menyajikan sepasang pintu gullwing (terbuka seperti sayap), dan ketika Anda membukanya, setir turut terangkat agar pengendara mudah masuk. Mobil juga tidak mempunyai spion kiri dan kanan, pengemudi bisa melihat bagian sisi kendaraan melalui rangkaian kamera.

Aston Martin AM-RB 001 3

Sejauh ini Aston Martin memang masih malu-malu mengungkap informasi teknis terkait performa AM-RB 001. Meski demikian, banyak orang memprediksi ia akan menyuguhkan tenaga 900-break horsepower dan berbobot 900-kilogram, yang artinya AM-RB 001 mempunyai rasio tenaga dan berat satu banding satu. Singkat cerita, hypercar mampu melesat amat sangat kencang.

Akan ada dua tipe Aston Martin AM-RB 001, versi jalanan seharga £ 2 juta (US$ 2,657 juta), diproduksi sekitar 150 unit; dan varian khusus track yang dibanderol £ 3 juta (hampir US$ 4 juta), cuma ada 25 unit. Proses distribusi akan mulai dilakukan di tahun 2018.

Aston Martin AM-RB 001 2

Via Telegraph. Sumber: Aston Martin.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter