Categories

Gadget

Luna Display Ubah iPad Menjadi Layar Kedua Mac Secara Wireless

Tampilan disajikan tanpa lag dan tanpa penurunan kualitas visual

Glenn Kaonang - 24 August 2017

Masih ingat dengan Astropad, aplikasi yang sanggup menyulap iPad menjadi papan gambar digital untuk Mac? Pengembangnya, Astro HQ – yang dibentuk oleh mantan engineer Apple – kembali hadir dengan produk yang lebih menarik lagi. Menarik karena kali ini produknya berupa hardware ketimbang software.

Produk itu dinamai Luna Display. Namanya mungkin mengindikasikan kalau perangkat ini merupakan sebuah layar eksternal, tapi pada kenyataannya ia cuma sebatas dongle USB-C (atau Mini DisplayPort) yang bertugas mengubah iPad menjadi layar eksternal Mac, tanpa bantuan seuntai kabel pun (hanya dengan memanfaatkan jaringan Wi-Fi yang sama).

iPad sebagai layar kedua Mac bukanlah konsep yang baru. Jauh sebelum ini sudah ada aplikasi bernama Duet Display yang punya fungsi persis untuk itu, yang ternyata juga digarap oleh mantan engineer Apple. Yang membedakan, Duet harus mengandalkan kabel (plus kompatibel dengan Windows), sedangkan Luna benar-benar wireless.

Wired lawan wireless, pastinya performanya lebih bagus yang wired, bukan? Belum tentu, sebab Astro HQ telah mengimplementasikan semacam teknologi AirPlay-nya sendiri yang dijuluki Liquid. Pada kenyataannya, Astro cukup percaya diri mengklaim bahwa Liquid memiliki latency lebih kecil ketimbang AirPlay (16 milidetik dibandingkan 64 milidetik).

Lebih istimewa lagi, kualitas gambarnya diyakini tidak mengalami penurunan sama sekali. Semuanya dilakukan selagi mempertahankan tampilan 60 fps yang bebas lag, dan ini dimungkinkan berkat kemampuan Luna untuk memaksimalkan daya komputasi milik kartu grafis Mac yang tersambung.

Dalam posisi menjadi layar kedua, layar sentuh milik iPad ternyata masih bisa dioperasikan seperti biasa – dalam tampilan macOS tentunya. Pengguna bahkan bisa memakai Apple Pencil kalau yang digunakan adalah seri iPad Pro, dan Luna juga mendukung keyboard eksternal sepenuhnya.

Luna kompatibel dengan beragam model Mac keluaran 2012 atau yang lebih baru, serta yang menjalankan versi OS minimal 10.10 alias Yosemite. iPad yang kompatibel malah lebih bervariasi, mulai dari iPad Mini sampai iPad Pro terbaru, asalkan yang menjalankan iOS 9.1 atau lebih baru.

Astro HQ memilih Kickstarter sebagai medium pemasaran awal Luna, dan konsumen sudah bisa memesannya seharga $59. Seperti yang saya bilang, ada dua versi Luna yang ditawarkan, yaitu versi USB-C dan Mini DisplayPort (untuk Mac lawas).

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter