Asuransi Astra Memperkenalkan Chatbot Garxia

Asuransi Astra Kenalkan Chatbot “Garxia”, Permudah Pembelian Asuransi Kendaraan

Hanya tersedia di dalam aplikasi Otocare, tidak tersedia di aplikasi messaging
(ki-ka) Chief Marketing Officer Retail Business Asuransi Astra, Gunawan Salim; CEO Asuransi Astra, Rudy Chen; Chief Operating Officer Asuransi Astra, Hendry Yoga / Asuransi Astra
(ki-ka) Chief Marketing Officer Retail Business Asuransi Astra, Gunawan Salim; CEO Asuransi Astra, Rudy Chen; Chief Operating Officer Asuransi Astra, Hendry Yoga / Asuransi Astra

Asuransi Astra memperkenalkan chatbot Garxia (Garda Experience Intelligent Assistant) sebagai bagian rangkaian digital journey perusahaan yang sudah dilakukan sejak 2015. Garxia melayani pembelian asuransi kendaraan secara langsung dan dapat diakses melalui aplikasi Garda Mobile Otocare versi terbaru.

CEO Asuransi Astra Rudy Chen mengatakan, Garxia sengaja dihadirkan untuk pembelian asuransi kendaraan, lantaran produk ini menempati separuh dari total pemasukan premi perusahaan. Aplikasi Otocare sendiri adalah aplikasi pertama yang dirilis perusahaan sejak pertama kali memulai perjalanan ke digital.

“Tim IT Asuransi Astra cukup solid sehingga chatbot ini kita kembangkan sendiri secara in-house. Garxia itu menambah channel penjualan produk secara digital kami untuk ritel, saat ini kontribusi dari ritel baru 15% dari total penjualan premi,” terang Rudy, kemarin (13/9).

Dia melanjutkan, Garxia menawarkan pengalaman baru dalam membeli asuransi karena ada personal touch yang diberikan sehingga bertransaksi semudah mengirim pesan instan. Garxia akan mendampingi calon pelanggan dalam menjawab beberapa pertanyaan yang dibutuhkan untuk melengkapi data pembelian polis.

Chatbot juga dapat membantu menghitungkan nilai premi yang harus dibayarkan untuk jenis asuransi yang dipilih. Tidak hanya untuk asuransi komprehensif dan TLO, Garxia juga sudah dibekali dengan pengetahuan terkait jenis-jenis perluasan asuransi serta tambahan biaya yang harus dibayarkan pelanggan untuk setiap perluasan yang dipilih.

Pembayaran polis bisa dilakukan lewat cicilan kartu kredit, bekerja sama dengan tiga bank, yakni BCA, Bank Mandiri, dan Bank Permata. Setelah data yang diminta Garxia dipenuhi, berkas calon pelanggan diteruskan melalui saluran Garda Oto Digital sehingga calon pelanggan berhak mendapatkan layanan home survey dengan jadwal dan lokasi survei yang dapat dipilih sendiri.

Menggunakan saluran ini, area layanan polis Garda Oto yang dibeli melalui Garxia juga mengikuti cakupan area layanan Garda Oto Digital sendiri, yaitu Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Garda Oto Digital merupakan channel penjualan produk digital pertama berbasis situs untuk konsumen ritel Asuransi Astra. Situs ini sudah dirilis sejak Oktober 2017.

“Garda Oto Digital itu spirit awalnya saat kita luncurkan adalah bisa beli asuransi otomotf di mana saja dan kapan saja. Waktu itu cover-nya masih Jakarta. Tapi per April 2018, kita lihat animonya cukup baik makanya kita perluas layanan.”

Rencana Garxia berikutnya

Garxia secara sengaja hanya ditanamkan dalam aplikasi Otocare, tidak tersedia di aplikasi messaging yang populer. Rudy beralasan aplikasi sudah menyimpan data pengguna, hal ini akan mempermudah Garxia memahami konsumen.

Garxia akan melengkapi fitur-fitur yang sudah dirilis aplikasi Otocare, di antaranya pengingat untuk memperbarui SIM, STNK, asuransi kendaraan, dan servis berkala. Ada  pula fitur lapor klaim, pantau status klaim, panggil layanan darurat 24 jam untuk pelanggan Garda Oto, dan fitur lainnya.

“Sehingga ketika masuk ke dalam aplikasi, semua kebutuhan pelanggan sudah dalam satu aplikasi. Dari segi keamanan pun kami jamin data pengguna akan aman.”

Dia juga tidak menutup kemungkinan Garxia akan di bawa ke aplikasi produk Asuransi Astra lainnya. Pihaknya akan melihat kebutuhan konsumen apakah benar-benar membutuhkan bantuan chatbot untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…