Categories

Mobile

Asus Akan Tanamkan Adblock Plus ke Seluruh Perangkatnya Tahun Depan

Merupakan produsen hardware pertama yang berani mengambil langkah serupa

Glenn Kaonang - 23 December 2015

Ada alasan mengapa kiprah Adblock Plus maupun kawan-kawan sejawatnya cukup populer di kalangan pengguna internet. Software itu sanggup mempercepat proses loading sebuah situs, menghemat kuota data sekaligus sejumlah daya baterai perangkat. Dan mulai September kemarin, semua pengguna smartphone dan tablet sudah bisa menikmati manfaat-manfaat tersebut.

Anggapan tersebut rupanya juga diamini oleh Asus, malah dengan cara yang bisa dibilang sedikit ekstrem. Mulai tahun depan, pabrikan asal Taiwan tersebut akan mengintegrasikan software Adblock Plus ke dalam browser buatannya sendiri di seluruh lini perangkatnya.

Dengan kata lain, pengguna smartphone atau tablet Asus nantinya tidak perlu mengunduh Adblock Browser atau semacamnya untuk bisa menikmati manfaat-manfaat di atas karena semuanya sudah tersedia secara default.

Konsumen tentu saja bakal diuntungkan dengan keputusan ini. Lalu mengapa langkah yang diambil Asus ini tergolong ekstrem? Karena secara umum softwaread blocker sudah lama menjadi ‘musuh’ media digital yang mengandalkan iklan sebagai pemasukan utamanya.

Namun dalam kasus Adblock Plus, sebenarnya tidak semua iklan akan diblokir. Mereka mempunyai program Acceptable Ads yang pada dasarnya akan mengizinkan sejumlah iklan yang memenuhi standar-standar tertentu – pastinya tidak bersifat mengganggu atau malah merupakan malware berkedok.

Terlepas dari itu, Asus nantinya bakal menjadi produsen hardware pertama yang mengintegrasikan softwaread blocker ke dalam perangkatnya. Menurut CEO Adblock Plus, Till Faida, langkah yang diambil Asus ini bisa dilihat sebagai sebuah ‘pelajaran’ buat industri periklanan; mereka harus terus berinovasi sebelum produsen hardware lainnya ikut mengambil langkah serupa.

Sumber: Motherboard. Gambar header: Ad blocker via Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id