22 October 2018

by Bambang Winarso

Asus Resmi Perkenalkan Chromebook Baru dengan Layar Lebih Lega, C523

Asus Chromebook C523 akan mulai dijulai di Inggris pada awal tahun depan

Hanya beberapa minggu setelah meluncurkan C423, Asus kembali meluncurkan perangkat laptop berbasis Windows namun dengan faktor bentuk yang lebih lega, C523. Peluncuran seri ini sekaligus menjadi yang pertama bagi Asus di renah Chromebook dengan penampang layar selebar 15 inci. Dan pastinya dilengkapi dengan sejumlah fitur dan fungsi untuk menantang perangkat dari merek terkemuka lainnya.

Asus Chromebook C523 baru memiliki rupa yang hampir menyerupai perangkat Chromebook lain yang sebelumnya sudah diluncurkan oleh perusahaan seperti model C223 12-inci atau C423 14-inci. Asus C523 Chromebook memiliki layar 15,6 inci yang menawarkan kejernihan full HD dan dilengkapi dengan input sentuhan optik. Di bagian belakang duduk cadangan baterai hingga 10 jam dalam sekali pengisian, serta memiliki ketebalan hanya 15.6mm dan berat 3,2 lbs.

Sayangnya Asus belum benar-benar terbuka soal komponen jeroan. Selain informasi penggunaan prosesor quad-core, situs resminya tidak menyebutkan apa jenis chipset yang dibawa oleh C523 termasuk kapasitas RAM dan memorinya. Satu hal yang pasti, ia bakal membawa sistem operasi Windows 10 Premium, hanya itu. Tapi Asus sudah mengonfirmasi ketersediaannya, yakni di awal tahun depan di kawasan Inggris.

Sementara itu, di tempat terpisah Samsung dikabarkan sedang menggodok perangkat laptop Windows baru yang bakal dinamai "Notebook Flash". Belum ada rincian bocoran spesifikasi, tapi kabarnya laptop keluaran Samsung ituΒ  ditargetkan untuk pasar high-end dan mungkin bakal memulai debut di kuartal pertama 2019.

Sumber berita Asus.