Categories

Gadget

ASUS Juga Umumkan ROG Zephyrus S17, Laptop Gaming Premium dengan Chip Grafis NVIDIA GeForce RTX 3080

ROG Zephyrus S17 juga ditenagai prosesor hingga Intel Core i9-11900H dan memiliki mekanisme keyboard khusus

Lukman Azis - 14 August 2021

Bersama Zephyrus M16, pada acara ROG BORN CHAMPIONS: Unleash the Legend Inside (12/08/2021) kemarin, ASUS ROG juga memperkenalkan laptop gaming premiumnya yaitu Zephyrus S17. Ia juga sudah ditenagai oleh prosesor Intel Core H-series generasi ke-11 Tiger Lake hingga Intel Core i9-11900H yang dapat menghadirkan daya performa hingga 90W.

Chip grafis yang dibawanya bahkan lebih powerful yaitu hingga NVIDIA GeForce RTX 3080 dengan daya performa hingga 140W menggunakan teknologi Dynamic Boost. Didukung teknologi ROG Intelligent Cooling, performa powerful dapat dihadirkan secara konstan untuk menagani kegiatan gaming dan content creation.

Mekanisme Keyboard Khusus

Bila pendahulunya punya desain unik di mana keyboard berada pada area palm rest, desain ROG Zephyrus S17 model 2021 balik lagi seperti kebanyakan laptop yang ada. Nah yang unik di sini ialah bagian keyboard di laptop gaming 17 inci ini terangkat dan membentuk sudut 5 derajat saat digunakan.

Keyboard-nya sendiri menggunakan optical mechanical yang menghadirkan akurasi input dan respon tinggi, serta lebih tahan banting dengan tingkat durabilitas hingga 100 juta kali tekan untuk setiap tombolnya. Lengkap dengan fitur scroll controller Multiwheel yang dapat dikonfigurasikan secara khusus membuat berbagai fungsi dalam aplikasi dan game dapat diakses dengan cepat.

ROG Zephyrus S17 sendiri merupakan laptop gaming ROG pertama yang hadir dengan mekanisme keyboard khusus, sehingga dapat membuka rongga udara ekstra sekaligus meningkatkan kenyamanan penggunaan. Mekanisme unik bernama AAS Plus ini dapat meningkatkan aliran udara pada sistem pendingin hingga 25%.

Selain itu, teknologi ROG Intelligent Cooling juga membuat sistem pendingin ROG Zephyrus S17 semakin baik. Ia dibekali kipas Arc Flow terbaru dengan struktur khusus, tak hanya mampu meningkatkan aliran udara tetapi juga menurunkan tingkat kebisingan. Kipas tersebut juga akan berhenti secara otomatis jika CPU dan GPU berada pada suhu di bawah 50 derajat Celcius, sehingga dapat bekerja secara senyap sepenuhnya.

Agar lebih optimal, ROG Zephyrus S17 menggunakan liquid metal sebagai thermal compound di CPU-nya yang dapat menekan suhu CPU hingga 10 derajat Celcius lebih rendah dari thermal paste tradisional. Enam heatpipe yang dirancang khusus bekerja untuk menghantarkan panas dari komponen-komponen penting seperti CPU, GPU, VRAM, dan VRM ke heatsink. Di bagian heatsink, partikel dan debu akan dibuang melalui terowongan khusus menggunakan sistem self-cleaning cooling.

ROG Zephyrus S17 merupakan laptop gaming premium terbaru yang dilengkapi dengan modul optical mechanical keyboard yang dapat terangkat saat digunakan. Bagian keyboard yang terangkat tersebut membuat ROG Zephyrus S17 memiliki rongga udara ekstra untuk performa pendinginan terbaik. Ditambah dengan desainnya yang ringkas, ROG Zephyrus S17 bisa dikatakan sebagai salah satu laptop paling powerful dan portabel yang ada saat ini, ” ujar Jimmy lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.

Layar 17,3 Inci WQHD dengan Refresh Rate 165Hz

ROG Zephyrus S17 hadir dengan bodi berbahan magnesium-aluminium yang dibalut warna Off Black yang tahan terhadap bekas sidik jari. Bagian belakang bodinya yang menggunakan lapisan semi-transparan membuat laptop gaming ini tidak hanya elegan tetapi unik.

Suguhan panel IPS-level berukuran besar 17,3 inci beresolusi WQHD (2560x1440 piksel) dengan bezel tipis 5,65mm, siap memanjakan para gamer sekaligus para content creator. Layar tersebut punya refresh rate 165Hz dan response time 3ms, didukung teknologi NVIDIA G-Sync dan intelligent shift yang memungkinkan G-Sync dapat dimatikan saat laptop dalam kondisi menggunakan chip grafis terintegrasi untuk menghemat baterai.

Layarnya juga telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display untuk akurasi warna tinggi dan dapat menampilkan warna dengan tingkat reproduksi hingga 100% pada color space DCI-P3. Juga sudah mendukung teknologi Dolby Vision untuk menampilkan visual lebih baik pada konten yang mendukung format Dolby Vision dan sudah banyak digunakan oleh penyedia layanan video streaming seperti Netflix dan Disney+.

Meski bezel layarnya tipis, ROG Zephyrus S17 juga dibekali dengan sebuah webcam yang menggabungkan teknologi 2DNR dan 3DNR sehingga objek di depan kamera dapat selalu terlihat jelas meski dalam kondisi minim cahaya. Sebagai tambahan, ia dilengkapi pembaca sidik jari dengan sistem caching yang menyatu pada tombol power dan terintegrasi dengan Windows Hello.

Ditenagai Prosesor Hingga Intel Core i9-11900H

ROG Zephyrus S17 tersedia dalam dua konfigurasi, mulai dari prosesor Intel Core i7-11800H yang dibanderol Rp40.999.000 dengan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3060, 2x8GB DDR4 3200MHz RAM (dual channel), dan penyimpanan 1TB M.2 NVMe PCIe 4.0 SSD. Varian tertingginya dijual Rp65.999.000 dengan prosesor Intel Core i9-11900H, NVIDIA GeForce RTX 3080, 2x16GB DDR4 3200MHz RAM (dual channel), dan penyimpanan 2TB M.2 NVMe PCIe 4.0 SSD.

Ia dibekali dengan tiga slot PCIe SSD yang didukung teknologi HyperDrive Ultimate RAID array yang mampu menghadirkan kecepatan baca pada sistem penyimpanan hingga 10,5GBps. Juga sudah mendukung penggunaan NVMe PCIe 4.0 SSD yang memiliki kecepatan dua kali lebih kencang dari SSD PCIe 3.0.

Prosesor Intel Core i9-11900H sendiri berjalan pada clockspeed hingga 4,9GHz dengan konfigurasi 8 core dan 16 thread. Laptop gaming ini dapat menjalankan prosesor tersebut dengan daya hingga 50W secara terus menerus. Kombinasinya dengan NVIDIA GeForce RTX 3080 yang dapat berjalan pada clock speed 1545MHz dan daya 115W melalui ROG Boost, membuatnya tampil sebagai mesin gaming yang powerful. Sementara, fitur Dynamic Boost mampu memberikan daya tambahan hingga 25W untuk GPU ketika CPU sedang tidak pada kondisi full-load.

Sebagai informasi, GeForce RTX 3080 dibangun berdasarkan arsitektur Ampere yang mengkombinasikan fitur streaming multiprocessor terbaru dengan 2nd Gen RT Core dan 3rd Gen Tensor Core untuk mendukung fitur real-time ray tracing dan dibekali dengan teknologi AI terkini. Dukungan teknologi NVIDIA Reflex dapat mengurangi latency dalam game multiplayer tertentu dan fitur NVIDIA Broadcast untuk mendukung aktivitas game streaming.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter