6 December 2017

by Bambang Winarso

Asus Perkenalkan NovaGo, Laptop Windows 10 dengan Chipset Snapdragon 835

Asus NovaGo hadir dalam dua varian, 4GB dan 8GB. Tanggal peluncurannya belum dibeberkan, tapi kemungkinan di kuartal pertama 2018

Di ajang Qualcomm Snapdraton Technology Summit yang digelar di Hawaii, sejumlah pabrikan perangkat hadir untuk ikut meramaikan acara peluncuran chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 845 sebagai bintang utama. Salah satu yang mencoba ikut mencuri perhatian adalah Asus yang untuk pertama kalinya memperkenalkan perangkat baru bernama Asus NovaGo (TP370), sebuah laptop Windows 10 yang ditenagai chipset Snapdragon 835, mempunyai kemampuan Gigabit LTE dan juga dilengkapi dengan modelm LTE X16.

Kemampuan paling penting dari Asus NogaGo ini adalah kemampuannya menyajikan konektivitas always-on yang diberikan oleh modem-modem bulit-in di dalamnya, dan masa pakai baterai. Asus mengklaim laptop Windows 10-nya ini mampu beroperasi selam 22 jam dengan pemakaian normal, dan 30 hari dalam mode stand-by. Dengan kemampuan ini, Anda dapat membawa perangkat ke kantor atau kampus dari pagi dan kembali ke rumah di malam hari tanpa khawatir baterai menjerit meminta daya tambahan.

Konektivitas yang ditawarkan dirancang untuk memberi pengalaman smartphone di perangkat laptop. Kecepatannya disebut 3-7 kali lebih cepat dibandingkan kecepatan broadband rata-rata.

Asus menawarkan dua varian NovaGo untuk dipilih oleh konsumen. Varian terendah menggunakan RAM sebesar 4GB dan memori 64GB UFS 2.0. Kemudian varian kedua dua kali lipat lebih garang dengan RAM 8GB dan penyimpanan 256GB di mana harganya terpaut $200. Layar Asus NovaGo dirancang untuk bergerak dengan sudut 360 derajat sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Dukungan stylus disertakan untuk berbagai keperluan membuat sketsa, menulis, memilih item, navigasi dan lain-lain. Ukuran layar NovaGo yang seluas 13,3 inci memberikan penampang yang cukup memadai untuk pekerjaan sehari-hari ataupun mendukung produktivitas. Kemudian dikarenakan laptop ini bebasis Windows 10, maka pengguna juga bakal menjumpai aplikasi-aplikasi bawaan seperti Windows Ink, Hello dan Cortana.

Ketersediaan Asus NovaGo sendiri belum dikonfirmasi oleh perusahaan peraciknya. Sedangkan harga kedua varian ditetapkan di kisaran $599 dan $799 untuk masing-masing varian. Harga ini akan bervariasi di tiap-tiap pasar.

Sumber berita Asus.