24 September 2021

by Lukman Azis

ASUS OLED Akan Diadopsi Sebagian Besar Lini Laptop ASUS yang Akan Datang, Ini Keunggulannya

Bahas lima laptop dengan layar ASUS OLED dan lima keunggulan ASUS OLED

Pada tahun 2021, rangkaian laptop ASUS terbaru mulai menggunakan teknologi layar ASUS OLED dan akan diadopsi oleh sebagian besar lini laptop ASUS yang akan datang. Lewat acara bertajuk "ASUS OLED Launch - See The DIFFERENCE with ASUS OLED", ASUS menjelaskan keunggulan ASUS OLED dan juga membahas lima laptop yang sudah menggunakan ASUS OLED.

"Inovasi ASUS tidak hanya sebatas pada performa saja dan ASUS OLED adalah bukti komitmen kami pada inovasi teknologi visual pada layar laptop. ASUS OLED merupakan teknologi yang akan membawa pengalaman menggunakan laptop ke tingkat selanjutnya dengan kualitas visual yang kaya, warna yang akurat, serta lebih aman untuk kesehatan mata," ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.

Pertama ialah ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) yang pertama kali diungkap awal tahun dan tersedia di Indonesia pada bulan Juni lalu dengan harga mulai dari Rp42.999.000. Laptop dengan dua layar beresolusi tinggi ini dirancang untuk menunjang kebutuhan para content creator.

Ia mengemas layar utama 15,6 inci 4K OLED HDR touchscreen dengan color gamut 100% pada color space DCI-P3 dan layar sekunder ScreenPad Plus 14 inci 4K panel IPS-level. Serta, ditenagai oleh prosesor High Performance 10th Gen Intel Core hingga i9-10980HK berpadu chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3070.

Kedua ZenBook Pro 15 OLED (UX535) yang dibanderol mulai dari Rp23.999.000 dan ditenagai prosesor Intel Core hingga i7-10870H. Ia membawa layar 15,6 inci 4K OLED HDR touchscreen dengan 100% DCI-P3 dan dilengkapi ScreenPad dengan ScreenXpert 2.0.

Selanjutnya ZenBook Flip S OLED (UX371) yang dibanderol Rp24.999.000, laptop convertible premium dengan desain yang mewah dan ringkas ini mengusung layar 4K OLED HDR touchscreen dengan 100% DCI-P3. Ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel Core hingga i7-1165G7 dengan GPU Intel Iris Xe graphics dan sudah terverifikasi sebagai laptop Intel EVO.

Kemudian versi baru ZenBook klasik 13,3 inci yakni ZenBook 13 OLED (UX325) juga tersedia dalam opsi FHD OLED HDR dengan 100% DCI-P3 dan dilengkapi NumberPad 2.0. Laptop ini mengedepankan bodi ringkas, port yang lengkap, dan daya tahan baterai panjang. Harganya mulai dari Rp15.799.000, ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel Core hingga i7-1165G7 dengan GPU Intel Iris Xe graphics dan tidak ketinggalan port Thunderbolt 4.0.

Terakhir yang satu ini paling mengejutkan, VivoBook Ultra 15 OLED (K513) yang dibanderol mulai dari Rp8.599.000 ini juga tersedia opsi FHD OLED HDR dengan 100% DCI-P3. Ia merupakan laptop 15 inci dengan opsi upgrade yang lebih banyak dan tetap mengedepankan portabilitas. Ditenagai prosesor Intel Core i5-1135G7 dengan GPU Intel Iris Xe graphics, RAM 4GB DDR4 yang bisa di-upgrade hingga 12GB dan punya dual storage yakni NVMe PCIe SSD 256GB + slot SATA 2.5 inci.

5 Keunggulan ASUS OLED

Sekarang mari bahas keunggulan yang ditawarkan oleh layar ASUS OLED. Berbeda dengan teknologi layar laptop lainnya, ASUS OLED tidak hanya sekadar menawarkan kualitas visual terbaik, ia dapat lebih memanjakan sekaligus menjaga kesehatan mata penggunanya.

1. Warna lebih kaya dan akurat

ASUS OLED diciptakan untuk para profesional yang membutuhkan layar dengan tingkat reproduksi warna yang tinggi serta akurat, sesuai dengan standar industri perfilman saat ini. Atas dasar tersebut, ASUS OLED mampu mereproduksi 100% warna pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% warna pada color space sRGB.

Setiap laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED telah dikalibrasi sejak awal sehingga setiap laptop yang menggunakan ASUS OLED dapat menghasilkan warna yang sangat akurat. ASUS OLED juga memiliki standar kalibrasi warna yang tinggi dan telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display.

2. Lebih aman untuk kesehatan mata

Paparan radiasi sinar biru pada layar laptop merupakan penyebab utama kelelahan pada mata bahkan dapat mengganggu kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED memiliki fitur Eye Care yang dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar hingga 70%.

Fitur Eye Care di ASUS OLED tidak hanya sekadar dapat mengurangi radiasi sinar biru, tetapi juga mempertahankan kualitas reproduksi dan akurasi warnanya. Dengan menggeser spektrum biru, ASUS OLED dapat menekan paparan radiasi sinar biru tanpa mengurangi kualitas dan akurasi warnanya. Metode tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TÜV Rheinland.

3.  Tampilan jernih pada tingkat kecerahan rendah

Saat menurunkan tingkat kecerahan, tingkat akurasi warna pada layar seringkali akan menurun. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar laptop menggunakan 2D color gamut sebagai referensi. ASUS OLED menggunakan 3D color gamut sebagai referensi. 3D color gamut menambahkan faktor iluminasi untuk mengukur color volume secara keseluruhan dan ASUS OLED memiliki color volume 60% lebih besar dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya.

4. Detail warna dan visual terbaik

ASUS OLED terdiri dari jutaan lampu LED berukuran sangat kecil. Setiap LED dapat dimatikan secara sepenuhnya sehingga mampu menghasilkan warna hitam sempurna dan memiliki kontras warna yang sangat tinggi. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED hadir dengan rasio kontras hingga 1.000.000:1.

ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi DisplayHDR 500 True Black dari VESA. Artinya, Anda juga dapat menikmati beragam konten multimedia yang disajikan dengan format HDR secara sempurna. Pengalaman visual terbaik hanya bisa didapatkan melalui laptop yang telah menggunakan teknologi layar ASUS OLED.

5. Visual lebih jelas tanpa efek blur

Menikmati sajian multimedia dengan gerak visual yang cepat seperti pada film action seringkali menampilkan efek blur yang mengganggu mata. Untuk mengatasi hal tersebut, ASUS OLED dilengkapi dengan response time yang cepat yaitu hingga 0,2 ms, sehingga memungkinkan tampilan visual dengan gerak cepat dapat dihadirkan secara lebih tajam dengan detail yang tinggi.