4 January 2019

by Bambang Winarso

Asus Perkenalkan Empat Seri Chromebook untuk Pendidikan

Keempatnya terdiri dari satu tablet, satu convertible dan dua notebook 180 derajat

Chromebook cukup dikenal di kalangan konsumen, tetapi lebih dikenal oleh kalangan siswa dan pendidik. Apalagi Asus baru saja meluncurkan jajaran Chromebook baru yang juga fokus pada pendidikan dengan sorotan pada bobotnya yang ringan dan ketangguhannya. Fitur penting untuk perangkat yang dipergunakan oleh anak sekolah.

Ada empat model Chromebook yang diluncurkan oleh Asus, mari kita bahas satu per satu.

Asus Chromebook Tablet CT100

Asus Chromebook Tablet CT100 adalah perangkat tablet yang menonjolkan bobotnya yang ringan namun dengan ketahanan menerima benturan dan hentakan. Ada sasis karet setebal 10mm yang melindungi perangkat jika jatuh dari ketinggian sampai dengan 100cm.

Tablet memiliki layar 9,7 inci dengan dukungan stylus untuk mempermudah akses ke berbagai fitur di dalamnya. Jeroannya menggunakan prosesor berkonfigurasi dua inti Cortex-A72 dan empat inti Cortex-A53, RAM 4GB dan memori internal 32GB.

Asus Chromebook Flip C214

Sedangkan Asus Chromebook Flip C214 merupakan perangkat notebook convertible 2-in-1 yang dapat dilipat dan diposisikan dalam sudut yang berbeda tergantung kebutuhan. Jeroannya menggunakan prosesor Intel Celeron, dengan RAM 8GB dan penyimpaan internal 64GB. Layarnya seluas 11,6 inci plus dukungan stylus dan perlindungan Gorilla Glass 3.

Asus Chromebook C204

Pilihan lainnya ada Asus Chromebook C204 yang menawarkan engsel 180 derajat dengan pelindung karet di setiap sudut guna menahan benturan. Tersedia juga dalam opsi layar sentuh, Asus Chromebook C204 mengandalkan Intel Celeron dual core bersama dengan RAM 4GB untuk melahap berbagai tugas-tugas sekolah. Kapasitas memorinya sendiri hanya 32GB dengan dukungan slot micrSD jika dirasa perlu memori tambahan.

Asus Chromebook C403

Yang terakhir adalah Asus Chromebook C403, notebook yang diposisikan sebagai alternatif C204 namun dengan layar yang lebih lega, yaitu 14 inci. Engselnya tetap 180 derajat dengan spesifikasi jeroan yang benar-benar identik. Tetapi karena body-nya lebih besar, Asus Chromebook C403 membawa speaker dan juga baterai yang tahan besar. Harga dan ketersediaan keempatnya disebut akan diumumkan kemudian.

Sumber berita Businesswire.