Seperti dugaan sebelumnya, Asus mempunyai kejutan besar di ajang CES 2017 yang digelar di Las Vegas. Di kesempatan itu, Asus resmi memperkenalkan dua smartphone baru dari keluarga ZenFone, yakni ZenFone 3 Zoom dan ZenFone AR.

Asus Zenfone 3 Zoom

Model ZenFone 3 Zoom masih menonjolkan sisi kamera utamanya yang punya optical zoom seperti pendahulunya tahun lalu. Tapi, kali ini Asus mencoba hal baru dengan membenamkan komposisi kamera ganda. Kamera ini bekerja mirip dengan yang diterapkan oleh Apple di iPhone 7 Plus, di mana kedua lensa bekerja sama untuk menciptakan efek blur di latar belakang gambar, sementara di saat bersamaan menjaga fokus dari objek bidikan.

Lensa zoom-nya sendiri menggunakan lensa 12MP, sedangkan lensa lainnya menggunakan sensor 12MP wide-angle dengan aperture f/1.7 Sony IMX362. Keduanya mempunyai .4nm pixels, OIS dan juga EIS serta dukungan video beresolusi 4K. Sementara di depan, Asus membenamkan kamera dengan sensor Sony IMX214 13MP yang mempunyai aperture F/2.0.

Asus Zenfone 3 Zoom_3

Asus Zenfone 3 Zoom_1

Rangkaian fitur kamera yang serba lengkap itu diracik dalam balutan layar 5,5 inci, resolusi full HD 1080p, Gorilla Glass 5, pemindai sidik jari dan juga chipset Snapdragon 625. Demi memberi dukungan yang sepadan, Asus membenakan baterai yang juga berukuran wah, 5.000mAh. Tapi sayang, Anda hanya akan menjumpai sistem operasi Android 6.0 Marshmallow di smartphone seberat 170 gram ini.

Asus Zenfone 3 Zoom dijadwalkan rilis di bulan Februari mendatang. Harga jualnya masih belum diketahui.

Asus ZenFone AR

Beralih ke seri ZenFone AR, ini adalah smartphone yang datang bersama dukungan Tango, sistem augmented reality (AR) yang dikreasikan oleh Google. Dengan demikian, Asus ZenFone AR resmi menjadi smartphone Tango kedua setelah Lenovo Phab2 Pro yang dirilis tahun lalu.

Asus ZenFone AR

Namun, Asus mengklaim membawa smartphone Tango-nya satu langkah lebih maju, di mana selain mendukung Daydream, smartphone buatannya juga mengemas sistem operasi Android 7.0 Nougat. Di ZenFone AR tertanam sistem kamera yang mengadopsi sensor Sony IMX318 yang mempunyai resolusi 23MP sebagai tambahan dari sensor motion tracking dan depth. Kombinasi ini memungkinkan perangkat untuk melacak gerakan dan juga mempelajari area dan membuat persepsi kedalaman secara akurat. Tak lupa, ada juga dukungan OIS, EIS dan kemampuan 4K.

Asus ZenFone AR_3

Bicara spek, Asus ZenFone AR dibalut layar cukup lebar 5,7 inci untuk memberi kemudahan ketika menggunakan mode Tango. Layar ini mempunyai resolusi QHD, serta ditenagai chipset gahar Snapdragon 821 dan RAM 8GB. Yap, 8GB! Artinya, ZenFone AR resmi jadi smartphone pertama di dunia yang mengemas RAM sebesar ini.

Asus ZenFone AR_2

Smartphone ini diperkirakan bakal diluncurkan ke pasar pada kuartal kedua tahun ini, antara bulan April, Mei atau Juni. Harganya kemungkinan bakal diungkap jelang hari peluncuran.

Sumber berita PhoneArena, Engadget, Theverge.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.