Categories

Gadget

Asus Racik Perangkat SBC yang Lebih Ngebut dari Raspberry Pi 3

Diotaki prosesor quad-core ARM Cortex-A17, perangkat ini diklaim mendukung lebih banyak sistem operasi

Oki Rosgani - 24 January 2017

Pabrikan komputer asal Taiwan, Asus, baru saja memperkenalkan perangkat single-board computer (SBC) racikannya yang mereka sebut sebagai Asus Tinker Board.

Wujudnya memang mirip Raspberry Pi, namun perangkat SBC racikan Asus ini memiliki spesifikasi yang sedikit lebih bertenaga karena disokong oleh prosesor yang lebih ngebut dengan dukungan modul grafis yang mampu menayangkan gambar berkualitas 4K.

Asus Tinker Board diotaki dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A17 RK3288 besutan Rockchip, ia juga memiliki dukungan modul grafis ARM Mali-T764 serta ditopang oleh RAM sebesar 2GB dan slot kartu memory microSD untuk media penyimpanannya.

Sebagai sebuah perangkat SBC, Asus Tinker Board juga telah hadir dengan sejumlah fitur seperti dukungan WiFi 802.11b/g/n, koneksi Bluetooth 4.0 dan memiliki port Ethernet 10/100/1000, tak lupa port USB 2.0 dan port HDMI output juga hadir pada perangkat mungil ini. Selain itu tersedia juga slot ekspansi 40-pin yang bisa digunakan untuk menambahkan modul tambahan bagi pengguna yang membutuhkannya.

Dengan dimensi yang hanya 3.4 inci x 2.1 inci, perangkat SBC besutan Asus ini memiliki ukuran dan bentuk yang mirip dengan Raspberry Pi 3, namun hal yang membedakan adalah software yang didukungnya.

Jika Raspberry Pi hanya mendukung varian distro Linux Debian, namun perangkat SBC racikan Asus ini selain bisa menjalankan Debian dan Kodi, sang produsen juga menyatakan bahwa produk SBC racikannya telah mendukung lebih banyak sistem operasi termasuk sistem operasi buatan Asus sendiri yang telah ditujukan untuk perangkat SBC ini.

Dengan spesifikasi dan kemampuannya yang sedikit lebih bertenaga, tak heran jika pihak Asus telah membanderol modul ini dengan harga yang sedikit lebih mahal dibanding Raspberry Pi, yakni £55 atau setara dengan Rp. 915 ribu-an untuk tiap unitnya, sementara untuk perangkat Raspberry Pi ditawarkan dengan harga £34 atau setara dengan Rp. 565 ribu-an perunitnya.

Sumber dan Gambar Header: Liliputing

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter