21 August 2017

by Glenn Kaonang

Cuma $350, Monitor Gaming Terbaru Asus Andalkan Layar Curved dan Refresh Rate Tinggi

Fitur, performa dan harga akhirnya bisa sedikit diseimbangkan

Asus bukanlah nama yang asing di ranah monitor gaming. Konsumen pun juga tahu kalau deretan monitor gaming besutan Asus kerap mengusung banderol harga yang cukup tinggi. Itulah mengapa sangat menarik ketika Asus memperkenalkan monitor gaming baru yang bisa menawarkan keseimbangan antara fitur, performa dan harga.

Pertama-tama, secara desain monitor bernama Asus ROG Strix XG27VQ ini sudah bisa diunggulkan karena mengusung layar yang curved alias melengkung, dengan kurvatur sebesar 1800R guna memberikan kesan yang lebih immersive. Layar curved dalam dimensi seringkas ini tergolong langka di pasaran.

Kedua, meskipun panel layar 27 incinya cuma mengemas resolusi 1920 x 1080 pixel, refresh rate maksimumnya bisa mencapai angka 144 Hz, dan ia pun telah mendukung teknologi FreeSync untuk mengakomodasi pengguna kartu grafis AMD serta dynamic refresh rate. Sebagai pemanis, Asus turut menyertakan fitur Extreme Low Motion Blur (ELMB) guna mempertajam tampilan aksi-aksi cepat.

Spesifikasi lainnya tergolong standar untuk kategori monitor gaming, meliputi tingkat kecerahan maksimum 300 nit, rasio kontras 3.000:1, viewing angle 178ΒΊ dan response time 4 milidetik. Konektivitasnya bisa memanfaatkan HDMI 1.4, DIsplayPort 1.2 atau DVI-D.

Kembali lagi soal desain, dudukannya bisa diatur tinggi-rendahnya, dan layar juga bisa dibelokkan ke kiri atau kanan dengan mudah. Kalau itu belum cukup, monitor ini juga sanggup memproyeksikan logo ROG di bawah dudukannya, dan sistem pencahayaan RGB-nya pun kompatibel dengan sistem Aura besutan Asus.

Namun tetap saja bagian terbaik dari monitor ini adalah harganya. Dengan modal $350 saja, konsumen bisa mendapat monitor gaming berlayar curved dan yang memiliki refresh rate tinggi.

Sumber: AnandTech dan Asus.