Categories

Gadget

ASUS ROG Zephyrus M16 Ialah Laptop Gaming 16 Inci dengan Intel Core i9-11900H

Varian tertinggi ROG Zephyrus M16 dibanderol Rp35.999.000 dengan chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3060

Lukman Azis - 13 August 2021

Pada acara bertajuk ROG BORN CHAMPIONS: Unleash the Legend Inside (12/08/2021), ASUS Republic of Gamers (ROG) meluncurkan dua laptop gaming terbarunya di Indonesia. Mereka adalah Zephyrus M16 dan Zephyrus S17, keduanya ditenagai prosesor Intel Core H-series generasi ke-11 Tiger Lake hingga Intel Core i9-11900H.

Mari bahas lebih jauh Zephyrus M16 terlebih dahulu, ia diklaim sebagai laptop gaming 16 inci pertama di dunia dan punya bodi ringkas yang setara dengan laptop 15 inci pada umumnya. Ketebalannya hanya 19,9 mm dan berbobot 1,9 kg, tampil stylish sekaligus profesional dalam balutan warna Off Black yang dihiasi oleh Prismatic Film.

Berkat teknologi ultra-narrow bezel, ukuran ROG Zephyrus M16 hadir 5% lebih kecil dari ROG Zephyrus M15 tahun lalu, bezel layarnya tipis hanya 4,6mm pada empat sisi. Berbekal desain baru yang memungkinkan kabel layar untuk dialihkan agar ukurannya lebih ringkas, ROG Zephyrus M16 pun dapat tampil dengan screen-to-body ratio hingga 94%.

Layar 16 inci tersebut menggunakan panel IPS-level beresolusi WQXGA (2560x1600 piksel) dalam rasio 16:10 yang menawarkan ruang kerja yang lebih lega. Mendukung refresh rate 165Hz, response time 3ms, tingkat kecerahan hingga 500 nits, dan dilengkapi teknologi Adaptive-Sync yang membuat sesi bermain game lebih nyaman berkat kemampuan untuk mensingkronisasikan refresh rate dengan GPU framerate.

Selain dirancang untuk gaming, ROG Zephyrus M16 juga dipersiapkan sebagai laptop untuk para content creator. Layar laptop gaming ini juga mampu menampilkan warna yang sangat kaya dengan tingkat reproduksi warna hingga 100% pada color space DCI-P3. Serta, mengantongi sertifikasi dari PANTONE Validated yang menunjukkan bahwa reproduksi warnanya sangat akurat dan dibekali teknologi Dolby Vision yang membuat tampilan visual lebih kaya dan cerah.

ROG Zephyrus M16 merupakan mesin komputasi berperforma tinggi yang tidak hanya sangat portabel, tetapi juga sangat stylish. Siapapun yang membutuhkan laptop powerful, mudah dibawa bepergian, dan ingin tetap tampil penuh gaya, ROG Zephyrus M16 merupakan laptop terbaik yang bisa didapatkan saat ini,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.

Setiap aspek di dalam ROG Zephyrus M16 telah dirancang agar penggunanya bisa mendapatkan yang terbaik, baik itu gamer, content creator, hingga para profesional yang membutuhkan laptop super portabel berperforma tinggi,” tambahnya.

Ditenagai Prosesor Intel Core H-Series Generasi Ke-11 Tiger Lake

Sebuah prosesor terbaru hadir untuk memenuhi seluruh kebutuhan gamer dan content creator melalui ROG Zephyrus M16. Laptop gaming ini tersedia dalam tiga konfigurasi, varian tertinggi mengandalkan prosesor Intel Core i9-11900H, berpadu dengan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3060 dan dibanderol Rp35.999.000.

Prosesor tersebut berjalan pada clockspeed hingga 4,9GHz, memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread untuk menangani beragam aktivitas yang membutuhkan performa pemrosesan kencang seperti gamestreaming, video rendering, dan kegiatan lainnya yang membutuhkan performa kencang. Zephyrus M16 sendiri mampu menjalankan prosesor ini hingga 45W secara terus menerus.

Sementara, kehadiran chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3060 di ROG Zephyrus M16 tampil sebagai mesin gaming yang sangat powerful. Sistem pendingin yang efisien memungkinkan GeForce RTX 3060 dapat berjalan pada clock speed 1525MHz dan daya 80W melalui ROG Boost. Sementara fitur Dynamic Boost mampu memberikan daya tambahan hingga 20W untuk GPU ketika CPU sedang tidak pada kondisi full-load.

Untuk varian kedua dan ketiga dari Zephyrus M16 menggunakan prosesor Intel Core i7-11800H, harganya Rp31.999.000 untuk pasangan NVIDIA GeForce RTX 3060 dan Rp26.999.000 dengan NVIDIA GeForce RTX 3060 3050Ti. Performanya ditopang RAM DDR4-3200 berkapasitas 16GB dan penyimpanan PCIe 4.0 SSD dengan kapasitas hingga 1TB. Ada slot SSD kedua di laptop ini memungkinkan upgrade media penyimpanan menjadi lebih mudah.

Untuk mendinginkan komponen premium tersebut, ROG Zephyrus M16 dibekali dengan teknologi pendingin ROG Intelligent Cooling yang kini mampu menghadirkan performa cooling lebih baik dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah. ROG Intelligent Cooling terdiri dari berbagai fitur pendingin eksklusif yang hanya dapat dijumpai di laptop ROG.

Pengguna ROG Zephyrus M16 dapat menyesuaikan pengaturan kipas sesuai dengan kegiatan yang sedang dilakukan. Pengaturan kipas terdapat di aplikasi Armoury Crate yang juga berfungsi sebagai pusat kontrol untuk fitur-fitur lainnya di ROG Zephyrus M16, seperti pengaturan profile, update sistem, hingga manajemen game yang terpasang di laptop gaming ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter