Ke mana arah yang hendak dituju oleh pabrikan smartphone ke depan semakin terlihat jelas. Tak lama setelah Razer memulai debut smartphonegaming pertamanya, sejumlah pabrikan dilaporkan berkeinginan ikut terjun di kolam yang sama. Xiaomi bahkan sudah memastikan diri ikut berlomba di arena tersebut dengan secara resmi memperkenalkan smartphonegaming, Black Shark.

Di tempat berbeda, sub-brand ZTE, Nubia juga sudah mulai memperlihatkan brand gaming barunya, Red Magic. Dan sekarang, lintas balap di ranah gaming mobile diyakini bakal kedatangan satu pemain lagi. Asus yang telah sejak lama berkecimpung di ranah PC gaming lewat brand ROG-nya dilaporkan tengah berencana melakukan perluasan brand gaming-nya itu ke ranah mobile.

Dalam acara pembukaan toko Asus ke-100 di Filipina, CEO Jerry Shen mengakui bahwa smartphonegaming dari Asus bisa saja segera meluncur. Shen tidak menyebutkan kapan, namun pernyataan ini dikeluarkan di momen yang tepat. ASUS merebut cukup banyak pangsa pasar di ranah PC gaming melalui ROG (Republic of Gamers) dan lini produk Strix. Untuk saat ini, tak banyak informasi tentang spesifikasi yang akan dihadirkan. Namun, kemunculan smartphonegaming dari Asus akan menjadi penghubung yang tepat untuk brand ROG miliknya di ranah PC.

Tetapi jika boleh berspekulasi, Asus mungkin saja bakal mengikuti langkah yang ditempuh oleh Xiaomi di smartphone Black Shark. Di antaranya dengan mengadopsi chipset Snapdragon 845, RAM 6GB atau 8GB dan sangat mungkin fitur liquid cooling systemyang berfungsi untuk menurunkan suhu CPU saat digeber bermain game berat dalam waktu lama. Tapi sekali lagi, semua kembali pada keputusan Asus.

Sumber berita AndroidAuthority dan gambar header ilustrasi Asus ROG.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.