15 November 2019

by Lukman Azis

ASUS Umumkan Laptop ZenBook UM431 dan ZenBook Flip UM462

Laptop ZenBook paling terjangkau dan bertenaga dengan prosesor AMD Ryzen Mobile

Saat memilih laptop, biasanya aspek performa menjadi prioritas utama dan mengabaikan aspek portabilitas. Laptop gaming seperti ROG atau TUF pun kerap menjadi pilihan, karena mampu menjalankan game PC dengan lancar dan juga menangani tugas-tugas berat seperti video editing dengan baik.

Namun laptop gaming juga punya beberapa kekurangan, pertama dimensinya bongsor dan bobotnya berat. Kedua daya tahan baterainya kurang bisa diandalkan, Anda akan bergantung dengan colokan listrik.

Di sisi lain, laptop tipis atau ultrabook dengan performa yang mencukupi dan dimensi ringkas harganya masih dirasa mahal menimbang spesifikasi yang didapat. Kabar baiknya, ASUS baru saja mengeluarkan dua laptop premium seri ZenBook dengan harga yang terbilang terjangkau.

Adalah ASUS ZenBook UM431 dan ZenBook Flip UM462, mereka ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Mobile yakni Ryzen 5 atau Ryzen 7. Didukung besaran RAM 8GB yang sudah mencukupi untuk menangani berbagai aktivitas para penggunanya dan penyimpanan berbasis SSD 512GB.

ASUS ZenBook UM431

ASUS ZenBook UM431 merupakan laptop premium 14 inci dengan desain klasik. Menggunakan panel IPS beresolusi Full HD dikemas dalam NanoEdge Display, didukung 100% sRGB, Anti-Glare, dan brightness 250 nits.

Nah keunggulan ZenBook UM431 ini adalah adanya empat speaker dengan teknologi Smart AMP by Harman/Kardon. Selain itu, laptop ini masih punya slot SD card reader yang merupakan fitur essential bagi para photografer atau videografer, lengkap dengan satu port USB 3.1 Type-C.

Laptop ini tersedia dalam warna utopia blue, untuk varian dasar berprosesor AMD Ryzen 5 3500U dengan AMD Radeon Vega 8 graphics dibanderol Rp9.999.000. Sedangkan untuk varian dengan AMD Ryzen 7 3700U dengan AMD Radeon RX Vega 10 graphics dibanderol Rp12.299.000.

ASUS ZenBook Flip UM462

Beralih ke ASUS ZenBook Flip UM462 yang merupakan laptop convertible premium 14 inci dengan engsel ErgoLift Hinge yang bisa diputar 360 derajat. Artinya, mendukung lebih dari satu skenario penggunaan seperti mode tablet, tenda, dan display mode.

Panel IPS 14 inci NanoEdge Display sudah touchscreen, beresolusi Full HD, didukung 100 persen sRGB, berlapis Anti-Glare, dan punya tingkat brightness 300 nits. Selain itu, laptop ini memiliki IR HD Web Camera yang didukung Windows Hello Facial Recognition, Number Pad, dan slot microSD card reader (bukan SD card).

ZenBook Flip UM462 ini tersedia dalam warna light grey, dijual Rp11.299.000 untuk varian dasar dengan AMD Ryzen 5. Serta, Rp13.299.000 dengan prosesor AMD Ryzen 7. Dalam paket penjualannya sudah disematkan ASUS Pen, stylus khusus multi fungsi untuk mendukung beragam kegiatan.

Dibanding dengan laptop mainstream, kedua laptop ini memang lebih ringkas dan ringan. Namun dimensi dan ketebalannya tidak sekecil dan setipis lini ZenBook yang harganya lebih mahal. Meski begitu, mereka sudah mengantongi sertifikasi ketahanan standar militer MIL-STD 810G.