Categories

Gadget

ASUS Umumkan Smartphone Gaming ROG Phone 3, Didampingi Sejumlah Aksesori & Periferal Gaming Baru

Periferal gaming baru pendamping ASUS ROG Phone 3 antara lain wireless gaming keyboard ROG Falchion dan portable gaming monitor ROG Strix XG16

Lukman Azis - 23 July 2020

ASUS akhirnya secara resmi mengumumkan smartphone gaming ROG Phone 3, lengkap dengan sejumlah aksesori modular yang semuanya baru. Meliputi Kunai 3 Gamepad, ROG Clip, ROG TwinView Dock 3, dan ROG Lighting Armor Case. Serta, periferal gaming baru termasuk wireless gaming keyboard ROG Falchion, headphone gaming ROG Cetra RGB, dan portable gaming monitor ROG Strix XG16.

Penerus ROG Phone 2 ini ditenagai chipset Snapdragon 865 Plus 5G, Mobile Platfrom garapan Qualcomm ini dibangun pada proses 7nm+ dengan CPU octa-core. Terdiri dari satu inti Kryo 585 dengan clock 3.1 GHz, tiga inti Kryo 585 2.42 GHz, dan empat inti Kryo 585 1.8 GHz, serta Adreno 650.

asus-umumkan-smartphone-gaming-rog-phone-3-2

Bila dibandingkan dengan Snapdragon 865 versi standar, Snapdragon 865 Plus 5G pada ROG Phone 3 memberikan peningkatan graphic rendering 10 persen dan CPU yang lebih kuat 10 persen juga. Didukung RAM hingga 16GB, LPDDR5 yang 51 persen lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. Serta, penyimpanan USF 3.1 hingga 512GB dan UFS 3.1 lebih cepat 15 persen dibanding UFS 3.0.

ASUS ROG Phone 3

Kalau dari tampilan, desain ROG Phone 3 tidak banyak berubah dibanding pendahulunya, tetap tampil futuristik dan sekaligus garang dengan logo ROG yang dilengkapi Aura RGB lighting. Perangkat ini punya port pengisian daya di samping, dual speaker menghadap ke depan, empat mikrofon, serta sistem kontrol AirTrigger 3 yang dapat diprogram dengan sensor touch ultrasonic dan motion sensor.

Sebagai smartphone yang dirancang untuk hardcore gamer, teknologi layar mendapat perhatian khusus. ROG Phone 3 mengemas layar AMOLED 6,59 inci beresolusi 1080×2340 piksel yang ultra-responsive dengan refresh rate 144 Hz/1 ms, touch-sampling rate 270Hz, touch latency 25ms, dan slide latency 18ms. Panel AMOLED ini mendukung HDR+ dengan akurasi warna Delta E<1 dan memiliki sertifikasi Low Blue Light (Hardware Solution) dan Flicker Reduced dari TÜV Rheinland.

asus-umumkan-smartphone-gaming-rog-phone-3-5

Untuk kameranya, ROG Phone 3 datang dengan konfigurasi triple camera. Kamera utamanya menggunakan sensor IMX686 beresolusi 64MP f1.8 dan piksel berukuran 1,6µm. Bersama kamera 13MP dengan lensa ultra wide dan satu lagi 5MP dengan lensa macro. Sedangkan, kamera depannya 24MP.

Kapasitas baterai ROG Phone 3 6.000 mAh didukung teknologi fast charging HyperCharge adapter 30W. Baterai ini diklaim dapat bertahan untuk bermain PUBG selama 9,2 jam nonstop, 9,6 jam untuk Asphalt 9: Legends, atau 9,3 jam untuk Call of Duty: Mobile.

Sekarang bahas harganya, ASUS ROG Phone 3 dengan RAM 16GB dan penyimpanan 512GB akan dijual 1.099 Euro atau sekitar Rp18,5 jutaan. Lalu, versi RAM 12GB dan penyimpanan 512GB dibanderol 999 Euro atau Rp16,8 jutaan. Satu lagi, ASUS juga menyediakan versi hemat dari ROG Phone 3 dengan embel-embel Strix Edition. Datang dengan chipset Snapdragon 865, RAM 8GB dan 256GB yang dijual 799 Euro atau Rp13,5 juta.

Aksesori Modular dan Periferal Gaming

asus-umumkan-smartphone-gaming-rog-phone-3-6

ASUS melengkapi ROG Phone 3 dengan aksesori modular dan periferal gaming yang semuanya baru. Dimulai dari kipas eksternal AeroActive Cooler 3 untuk mendukung sistem pendingin, Kunai 3 Gamepad untuk menambahkan kontrol gamepad seperti konsol ke ROG Phone 3.

Lalu, yang cukup unik ada ROG Clip yang memungkinkan kita menghubungkan ke PlayStation 4, Google Stadia, atau controller Xbox untuk pengalaman bermain game yang lebih baik. TwinView Dock 3 memperluas area tampilan layar untuk memberikan gameplay dual-screen yang juga punya refresh rate yang sama 144 Hz. Kemudian untuk perlindungan ekstra, disediakan ROG Lighting Armor Case dan Neon Case.

Kemudian, ROG Cetra RGB adalah in-ear gaming headphone dengan koneksi USB Type-C dan mengunggulkan fitur active noise cancellation (ANC) lengkap dengan mode Ambient. Punya driver ASUS Essence 10mm yang dioptimalkan untuk audio gaming dengan bass yang kuat dan dilengkapi RGB lighting.

ROG Falchion adalah wireless mechanical keyboard dengan desain inovatif yang berukuran 65 persen lebih ringkas dari ukuran keyboard standar. Dilengkapi case cover serbaguna dan penel sentuh interaktif untuk mengatur volume, play dan pause musik, serta untuk memperbesar layar (zoom in dan zoom out).

Panel sentuh juga dapat diprogram sebagai tombol makro dan LED RGB di dalam panel sentuh menampilkan status baterai secara real time. Keyboard ini punya konektivitas 2,4 GHz dan masa pakai baterai hingga 400 jam.

Lanjut ke ROG Strix XG16, monitor gaming portabel berukuran 15,6 inci beresolusi 1080p dengan refresh rate 144 Hz dan baterai internal 7.800 mAh. Monitor ini dilengkapi dua port USB Type-C dan satu port Micro HDMI.

Bagian belakang terdapat smart kickstand yang dapat dibuka hingga 70 derajat dan bisa digunakan untuk menyangga dalam orientasi landscape atau potret. Di bawah kickstand dilengkapi desain mesh dengan pola cybertext yang menambah estetika futuristik.

Selain itu, ROG Strix XG16 kompatibel dengan ROG Tripod yang memungkinkan gamer memosisikan monitor di atas laptop untuk penggunaan dual screen. ASUS belum mengungkap harga untuk aksesori dan periferal gaming di atas.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter