22 July 2014

by Yoga Wisesa

Asus X550DP Adalah Notebook Gaming Budget Bertenaga Chip AMD APU A10

Jika membahas tentang produk gaming dari Asus, satu brand langsung terbersit di pikiran kita: Republic of Gamers, atau RoG. Brand ini menyajikan berbagai model notebook gaming high-end, dengan fungsi khusus yang ditujukan bagi para gamer hardcore ataupun atlet eSport. Sayang, harga notebook RoG membuat banyak konsumen berpikir dua kali untuk membelinya.

Walau begitu, Asus tidak mau kita berpikir bahwa produk gaming mereka hanya ditujukan untuk khalayak high-end saja, karena permintaan konsumen akan notebook dengan kemampuan seperti ini datang dari segala jenis kalangan. Akhirnya Asus menemukan sebuah solusi menarik. Mereka menggaet AMD untuk meracik notebook multimedia berkemampuan gaming, Asus menamainya X550DP.

Menurut penuturan Country Product Group Leader Asus Indonesia, Juliana Chen, X550DP merupakan notebook pertama mereka yang ditenagai AMD APU A10 dan juga jawaban bagi konsumen yang menginginkan solusi gaming mainstream dengan fleksibilitas fungsi multimedia.

"Kekuatan notebook ini terletak pada kemampuan prosesor AMD APU seri A10 dan performa kartu grafis berarsitektur Graphics Core Next sehingga menghadirkan hasil grafis yang maksimal," ujarnya. "Selain itu, para pengguna akan dimanjakan dengan paket penawaran bundel game terpopuler saat ini."

 

 

Info menarik: [Rumor] Ini Dia Info Rilis dan Harga Smartwatch Pertama Besutan Asus

 

Asus X550DP memiliki penampilan yang cukup menarik dan dibuat dengan body integrasi antara aluminium serta plastik. Walaupun belum bisa dikategorikan sebagai produk ultra-thin, kombinasi dimensi dan ketebalannya membuat X550DP terlihat ramping. Ia memiliki ukuran 38x25,1x2,51 sentimeter dan bobot kurang dari 2,3 kilogram.

Anda ditawarkan sebuah layar WXGA berukuran 15,6-inci dengan resolusi 1366x768. Memang biasanya gamer hardcore menginginkan setidaknya permainan sudah berjalan di resolusi full-HD, tapi tingkat resolusi yang ditawarkan X550DP sama sekali tidak buruk, dan hardware di dalamnya memastikan game dan app tetap dapat berjalan dengan lancar.

Sebagai reaktor tenaga internalnya, Asus menambatkan APU AMD quad-core A10 5750M dan kartu grafis AMD Radeon HD 8650M, ditambah HD-8670M Dual Graphics yang memiliki memori VRAM sebesar 2GB. Dengan arsitektur Graphics Core Next, itu berarti Asus X550DP bukan hanya mendukung DirectX 11.1, tapi juga API buatan AMD yang dijanjikan mampu mengoptimalisasi performa hardware dalam menjalankan video game, yaitu Mantle.

X550DP juga dilengkapi dengan memori RAM DDR3 4GB, penyimpanan hard disk sebesar 1TB, baterai 4-cell 3000mAh, teknologi audio SonicMaster dan optical drive DVD Super multi-dual. Konektivitasnya juga sangat lengkap: Wi-Fi, Bluetooth 4.0, 2-in-1 card reader, VGA port, HDMI, port LAN, sepasang port USB 3.0 dan jack audio 3,5mm.

 

Info menarik: Asus Perkenalkan 3 Jagoan Tablet Baru Seri Fonepad dan MeMo Pad di Computex 2014

 

Hal menarik lain adalah fitur-fitur yang ada di dalam Asus X550DP. Berkat chip besutan AMD, X550DP didukung Enduro Technology sebagai pengatur penggunaan GPU (on dan off) secara otomatis. Dengan begitu, baterai notebook bisa bertahan lebih lama.

Lalu X550DP juga mendapatkan 'bundel' fitur AMD Elite Experience Software yang tediri dari AMD Gesture Control (dimana Anda bisa menavigasi notebook dengan gerakan tangan melalui webcam), AMD Face Login yang memungkinkan PC mengenali wajah Anda sebagai cara untuk login ke Microsoft Windows atau akses web dengan cepat, dan juga Screen Mirror. Kemampuan terakhir ini yang biasanya dicari oleh gamer, dimana pengguna dapat berbagi konten secara wireless ke layar TV.

Menariknya, ada alasan mengapa Asus tidak memasukkan X550DP ke kelas produk gaming mereka (terlepas dari poster Lara Croft yang mendominasi poster dan background panggung). Menurut penjelasan Product Manager System, Wiewie, Asus sendiri tidak sadar bahwa X550DP memiliki performa tinggi dalam menjalankan game hingga setelah ia selesai diproduksi.

Awalnya notebook tersebut diracik untuk kebutuhan multimedia biasa dan kemampuan gaming X550DP merupakan sebuah kejutan yang menyenangkan.

Asus X550DP ditawarkan dengan harga Rp 6,5 juta. Untuk tiap pembelian, konsumen berhak memilih satu dari tiga bundel game gratis: Tomb Raider, Guacamelee atau Tales from Space: Mutant Blobs Attack. Notebook ini telah tersedia di pasar nusantara.