Asus ZenBook Pro Duo Adalah Laptop Flagship dengan Sepasang Layar 4K

Asus ZenBook Pro Duo Adalah Laptop Flagship dengan Sepasang Layar 4K

Touchpad sekaligus layar sentuh ScreenPad kini telah berevolusi menjadi layar kedua ScreenPad Plus
Asus ZenBook Pro Duo / Asus
Asus ZenBook Pro Duo / Asus

Ajang Computex tahun lalu menjadi saksi atas keisengan Asus mengganti touchpad laptop dengan layar sentuh full-HD. Tahun ini, Asus rupanya telah siap membawa ide gila tersebut ke level yang lebih tinggi lagi lewat ZenBook Pro Duo UX581.

Kata “Duo” adalah kuncinya. Touchpad sekaligus layar sentuh yang Asus juluki dengan istilah ScreenPad kini telah berevolusi menjadi ScreenPad Plus, sebuah layar sentuh memanjang yang ditempatkan persis di antara layar utama laptop dan keyboard.

Asus ZenBook Pro Duo

Bentang diagonal ScreenPad Plus mencapai angka 14 inci, dan Asus pun tidak main-main mengingat resolusinya sudah berada di level 4K. Sebelum ini, HP sebenarnya sudah lebih dulu menerapkan konsep layar ganda yang serupa pada Omen X 2S, tapi dimensi layar keduanya terlihat begitu mungil jika dibandingkan dengan ScreenPad Plus ini.

Kehadiran layar kedua yang masif ini berarti pengguna dapat memperluas ruang kerja virtual-nya agar semakin efisien. Di saat yang sama, kehadiran layar kedua ini berarti keyboard-nya harus dipepet sampai ke bawah, dan touchpad-nya pun harus digeser ke sebelah kanan.

Asus ZenBook Pro Duo

Berhubung layar keduanya sendiri 4K, sudah pasti layar utamanya pantas diunggulkan: OLED 15,6 inci beresolusi 4K, dengan dukungan 100% spektrum warna DCI-P3. Display yang sangat mumpuni itu turut didukung spesifikasi kelas flagship, dengan konfigurasi termahal meliputi prosesor 8-core Intel Core i9-9980HK, GPU Nvidia GeForce RTX 2060 6 GB, RAM DDR4 32 GB, serta ruang penyimpanan hingga 1 TB berbasis SSD tipe PCIe.

Konektivitasnya pun cukup melimpah, mencakup USB-C (Thunderbolt 3), 2x USB 3.1 Gen 2 (Type-A), HDMI, dan kombo jack audio. Ini termasuk mengesankan mengingat tebal perangkatnya tidak sampai 2,4 cm, sedangkan bobotnya nyaris mencapai 2,5 kg, dan itu sudah termasuk baterai berkapasitas 71 Wh.

Asus ZenBook Pro Duo

Di samping ZenBook Pro Duo, Asus turut menyingkap ZenBook Duo yang mengusung konsep layar ganda ScreenPad Plus yang sama, hanya saja yang ukuran dan resolusinya lebih kecil. Spesifikasinya juga jauh di bawah ZenBook Pro Duo, tapi itu berarti harganya juga lebih terjangkau. Sayangnya, Asus masih bungkam soal itu. Yang baru diketahui sejauh ini hanyalah pemasarannya dijadwalkan berlangsung mulai kuartal ketiga 2019.

Pertanyaan yang terakhir, di mana ScreenPad standar sekarang? Touchpad sekaligus layar sentuh itu sekarang sudah menjadi lebih mainstream berkat kehadirannya di lini ZenBook standar, utamanya trio ZenBook 13 (UX334), ZenBook 14 (UX434) dan ZenBook 15 (UX534).

Sumber: Asus.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…