Categories

Gadget

Asus Zenbook UX305 Resmi Dipasarkan di Indonesia

Glenn Kaonang - 15 May 2015

Hari Rabu (13/5/2015) kemarin, Asus secara resmi memasarkan Zenboox UX305 di pasar Indonesia. Ultrabook ini pertama kali diperkenalkan mendekati akhir kuartal pertama lalu, namun sekarang konsumen tanah air sudah bisa mendapatkannya melalui sejumlah mitra distribusi Asus Indonesia.

Ada beberapa keistimewaan dari Asus Zenboox UX305. Yang utama adalah fisiknya yang super-ringkas. Bobotnya berkisar 1,2 kg, sedangkan titik paling tebalnya hanya 12,3 milimeter. Jika dibandingkan dengan MacBook generasi teranyar, laptop besutan Apple tersebut memiliki ketebalan 13,1 milimeter.

Pencapaian di bidang miniaturisasi ini dimungkinkan berkat penggunaan prosesor dual-core Intel Core M 5Y71. Prosesor ini mempunyai kecepatan maksimum 2,9 GHz, dan dibuat dengan proses fabrikasi 14 nanometer. Di saat yang sama, konsumsi dayanya terbilang amat rendah, antara 3,5 sampai 4,5 watt saja. Hal ini juga berarti ia tak perlu didampingi kipas pendingin, yang berujung pada kinerja hampir tanpa suara.

Info menarik: Bawa Zenfone 2 ke Indonesia, Asus Ajak Kita ‘Melihat Apa Yang Tak Terlihat’

Menemani prosesor generasi baru tersebut adalah RAM 8 GB DDR3 serta media penyimpanan SSD berkapasitas 512 GB. Perihal performa grafis, chip Intel HD 5300 siap menyuplai seluruh pixel yang bisa ditampilkan oleh layar 13,3 inci milik Zenbook UX305.

Layar ini telah dibekali teknologi IPS guna menjaga konsistensi warna yang ditampilkan meski dilihat dari sisi samping, tepatnya hingga sudut 178 derajat. Resolusinya mencapai angka 3.200 x 1.800 pixel, dengan rasio kontras 800:1 dan lapisan anti-glare sebagai pemanis bagi yang sering bekerja di luar ruangan.

Terkait konektivitas, Zenbook UX305 termasuk cukup lengkap. 3 port USB 3.0 telah tertanam di bagian sisinya. Masing-masing port tersebut telah dilengkapi teknologi Asus USB Charger Plus, yang tak cuma memungkinkan penggunanya untuk mengisi ulang baterai smartphone atau tablet hingga 50 persen lebih cepat, tetapi juga dalam kondisi laptopsleep atau shut down.

Output video 4K bisa diteruskan via sambungan micro-HDMI 1.4b, sedangkan konektivitas nirkabelnya meliputi Wi-Fi AC dan Bluetooth 4.0. Menariknya, Asus turut mengikutsertakan aksesori converter USB to LAN sehingga pengguna tetap bisa menyambungkan laptop-nya via kabel ethernet.

Info menarik: [Review] Notebook Gaming Asus Republic of Gamers G550JK

Daya tahan baterai juga mendapat perhatian khusus pada ultrabook berbasis Windows 8.1 ini. Dikombinasikan dengan prosesor yang irit daya, baterai berdaya 45 Wh ini bisa bertahan hingga 10 jam.

"Zenbook UX305 khusus ditujukan untuk membantu mereka yang punya mobilitas tinggi, membutuhkan perangkat dengan bobot yang ringan serta dimensi setipis mungkin. Kinerjanya pun harus bisa diandalkan," ucap Juliana Cem selaku Country Product Group Leader untuk Asus Indonesia seperti dikutip dari rilis pers.

Asus Zenbook UX305 saat ini sudah dijual seharga Rp 16,3 juta. Pilihan warnanya terdiri dari Obsidian Black, Champagne Gold dan Cheramic White – dua warna terakhir baru akan hadir di akhir bulan Mei ini.

Asus juga menawarkan varian Zenbook UX305 dengan harga yang lebih terjangkau, yakni Rp 11,3 juta. Varian ini mengusung spesifikasi yang sedikit berbeda, di antaranya layar full-HD, prosesor dual-core Intel Core M 5Y10 2 GHz, RAM 4 GB dan SSD 256 GB.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter