Categories

Gadget

3 Keluarga Asus ZenFone 5 Resmi Diperkenalkan, Ini Dia ZenFone 5, ZenFone 5Z dan ZenFone 5 Lite

Diresmikan pula satu smartphone lainnya, ZenFone Max M1

Bambang Winarso - 28 February 2018

Seperti yang banyak diperbincangkan belakangan ini, Asus akhirnya secara resmi memperkenalkan jajaran smartphone andalannya di tahun 2018, ZenFone 5Z pada konferensi MWC 2018 yang sedang berlangsung di Barcelona, Spanyol. Di samping varian teratas tersebut, Asus juga menyingkap beberapa model lain seperti ZenFone 5, ZenFone 5 Lite, dan ZenFone Max M1. Perusahaan teknologi asal Taiwan tersebut menempatkan ZenFone 5Z-nya untuk melawan beberapa smartphoneflagship yang diluncurkan beberapa hari yang lalu, seperti Samsung Galaxy S9 dan Sony Xperia XZ2.

Asus ZenFone 5 (ZE620KL)

Mendukung konektivitas seluler dual-SIM (Nano),  Asus ZenFone 5 menjalankan sistem operasi Android 8.0 Oreo dengan polesan interface ZenUI 5.0. Performanya didukung oleh Qualcomm Snapdragon 638 yang disandingkan dengan RAM 4GB atau 6GB serta grafis Adreno 509. Model standar ini akan tersedia dalam satu opsi memori, 64GB.

Asus ZenFone 5

Asus ZenFone 5 dilengkapi kamera ganda di belakang yang menggunakan sensor Sony IMX363 beresolusi 12MP terbaru dengan piksel 1,4μm yang besar, lensa aperture f / 1.8, ditambah dengan kamera sekunder wide angle 120 derajat, stabilisasi gambar optik empat sumbu (OIS) dan fitur kamera AI-enhanced – termasuk AI Scene Detection untuk 16 scene, AI Photo Learning, Potret Real-time dan Real-time Beautification. Sedangkan di depan, ia menggunakan kamera 8MP yang mengemas aperture f/2.0 dan sudut pandang 84 derajat.

Asus ZenFone 5Z

Sebagian spesifikasi ZenFone 5Z – terutama kamera – hampir sama dengan ZenFone 5. Perbedaan utamanya terlihat pada bagian prosesor, RAM, dan penyimpanan internal. Bahkan keduanya memiliki bobot yang sama, menurut Asus.

Asus ZenFone 5Z

Seperti seri standarnya, Asus ZenFone 5Z memiliki layar 6,2 inci full-HD+ (1080×2246 pixels) dengan aspek rasio 19: 9, lebih tinggi dari rasio 18,5: 9 yang terlihat pada Galaxy S-Series, namun masih belum mengalahkan iPhone X yang punya rasio 19,5: 9. Tetapi bicara performa, smartphone ini berani diadu dengan dua flagship tersebut berkat adanya chipset Qualcomm Snapdragon 845 SoC dengan AIE (Artificial Intelligence Engine) dan Adreno 630 GPU. Perangkat hadir dalam beberapa konfigurasi, RAM 4GB disandingkan dengan memori 64GB, RAM 6GB disandingkan dengan penyimpanan 128GB, kemudian RAM 8GB dijodohkan dengan memori 256GB.

Asus ZenFone 5Z

Di bagian konektivitas, smartphone Dual-SIM ini mendukung fitur-fitur pendukung antara lain GPS, Wi-Fi, Bluetooth v5.0, NFC dan lain-lain. Asus juga menggunakan speaker dual-magnet ganda untuk meningkatkan pengalaman multimedia dan audio. Didukung oleh baterai 3300mAh, Zenfone 5Z mendukung teknologi pengisian daya ASUS BoostMaster dan AI. Di belakang terdapat pula sensor sidik jari sebagai fitur tambahan bagi fitur pengenal wajah untuk membuka akses perangkat.

Asus ZenFone 5 Lite atau ZenFone 5Q

Asus ZenFone 5 Lite dan ZenFone 5Q sejatinya adalah perangkat yang sama namun ditujukan untuk pasar yang berbeda.

ZenFone 5 Lite adalah perangkat dari model standar yang disederhanakan. Rancangannya memiliki kemiripan fisik dengan varian premium, namun hadir dengan layar 6 inci dan bezel tipis, baterai 3,300 mAh sama seperti ZenFone 5, dan Android Nougat – bukan Android Oreo – sebagai sistem operasi pilihannya. ZenFon 5 Lite juga memiliki kamera ganda di bagian depan dan belakang, dengan lensa tambahan memberikan bidang pandang 120 derajat yang lebih luas untuk fotografi beramai-ramai.

Asus ZenFone 5 Lite

Ada dua kamera di bagian belakang yang terdiri dari sensor 16MP yang memiliki aperture f/2.2 ditambah dengan kamera sekunder yang dilengkapi fitur FOV 80 derajat. Di bagian depan Anda mendapatkan dua kamera lagi, satu dengan sensor Sony IMX376 20MP dan yang lainnya memiliki sensor 8MP dengan lensa lebar 120 derajat. Varian ini juga memiliki baterai yang sama seperti di ZenFone 5 dan ZenFone 5Z.

Asus ZenFone 5 Lite akan tersedia dalam dua varian – satu menggunakan chipset Snapdragon 430 dengan grafis Adreno 505 GPU, dan yang lainnya menggunakan Snapdragon 630 dengan Adreno 505 GPU. Ada juga varian RAM dan penyimpanan yang berbeda, antara lain RAM 3GB + 32GB, dan RAM 4GB + 64GB.

Asus ZenFone Max M1

Asus ZenFone Max (M1) juga ikut diluncurkan bersamaan dengan seri ZenFone 5, yang mencakup ZenFone 5Z, ZenFone 5, dan ZenFone 5 Lite. Asus ZenFone Max (M1) sangat mirip dengan ZenFone Max Plus (M1) yang diluncurkan di Rusia dan juga Indonesia beberapa waktu yang lalu. Namun, ada beberapa perbedaan – alih-alih menggunakan chipset MediaTek MT6750T, M1 keluaran MWC 2018 ini menjalankan Qualcomm Snapdragon 425 dan Snapdragon 430 SoC. Layarnya juga lebih kecil, berukuran 5,5 inci, dibandingkan layar 5,7 inci milik ZenFone Max Plus (M1).

Asus Zenfone Max M1

Ditenagai baterai 4000mAh yang istimewa, Asus ZenFone Max (M1) (ZB555KL) menawarkan pengaturan kamera belakang ganda dengan sensor utama 13 megapiksel yang digabungkan dengan sensor 8 megapiksel sekunder yang mempunyai lensa sudut lebar 120 derajat. Kamera depan memiliki sensor 8 megapiksel dengan aperture f/2.2. Namun Asus menekankan bahwa spesifikasi kamera bisa saja berbeda tergantung negara yang dituju.

Sayangnya harga pasti untuk keempat smartphone di atas belum dibeberkan oleh Asus, begitu pula dengan tanggal ketersediaan. Beberapa media menyebutkan waktu yang berbeda. Asus ZenFone 5 disebut bakal memulai debut pada bulan April, kemudian ZenFone 5 Lite di bulan Maret dan ZenFone 5Z di bulan Juni.

Sumber berita Businesswire, Twitter/Asus, Facebook/Asus.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter