Categories

Misc

Asik, Skype Sudah Bisa Terjemahkan Bahasa Bule!

Bambang Winarso - 2 October 2015

Masih ingat dengan Skype Translator? Ini adalah fitur baru yang mampu menerjemahkan percakapan ke dalam bahasa yang berbeda sesuai preferensi pengguna. Saat diperkenalkan akhir tahun lalu, Skype Translator masih berupa preview untuk pengguna terbatas. Kabar baiknya kini ia sudah bisa digunakan oleh masyarakat luas.

Dijelaskan oleh Microsoft bahwa fase preview Skype Translator berperan penting dalam pengembangan tool baru ini. Masukan para tester membantu mereka mengemas tool agar sesuai dengan kebutuhan mayoritas pengguna Skype. Hasilnya, kini Skype Translator telah terintegrasi ke aplikasi Skype versi Windows.

Skype Translator mendukung enam bahasa dalam mode suara, antara lain Bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Mandarin dan Spanyol. Sementara untuk mode teks sudah mendukung 50 bahasa.

Bukan penerjemah biasa, Skype Translator dirancang dengan teknologi pintar yang mampu mempelajari pola dan kebiasan dilakukan oleh pengguna. Jadi semakin sering digunakan, fitur ini akan makin pintar.

Fase preview juga berperan besar dalam proses pembelajaran fitur Skype Translator. Dalam fase tersebut Microsoft melakukan banyak percobaan di antaranya dengan melibatkan sekolah di Mexico bernama Peterson School dan Stafford Elementary School di Tacoma, Amerika Serikat untuk mencoba teknologi ini.

Info Menarik:AMD Perluas Jajaran Kartu Grafis Embedded Radeon

Murid dari kedua sekolah kemudian diminta untuk mengobrol via Skype menggunakan bahasa asli mereka. Hasilnya, dengan bantuan Skype Translator siswa Peterson School yang berbahasa asli Spnyol dapat memahami ucapan siswa dari Stafford Elementary School yang menggunakan bahasa Inggris. Begitu juga sebaliknya, padahal keduanya tidak mepelajari bahasa lawan bicaranya secara mendalam.

Fitur baru ini sedang dalam proses integrasi ke aplikasi Skype untuk Windows, update dirilis ke seluruh pengguna secara bertahap dalam beberapa minggu.

Pasca update, pengguna akan dapat menjumpai ikon di sebelah tombol update yang artinya Skype Translator sudah dapat dipergunakan.

https://www.youtube.com/watch?v=UnEbQtp_r3A

Sumber berita Skype.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter