Categories

Gadget

Card Reader Seharga $500 Ini Mengemas Dua Slot SSD dan Dua Port Thunderbolt 3

Total ada tujuh media penyimpanan yang bisa ditancapkan, dan transfer data dari semuanya bisa dilakukan secara bersamaan dan dalam kecepatan maksimum

Glenn Kaonang - 8 February 2018

Apa yang terbayang di benak Anda ketika mendengar istilah card reader? Bagi saya, yang langsung terbayang adalah perangkat kecil buatan Tiongkok, dengan wujud transparan dan harga jual tidak lebih dari sepuluh ribu rupiah. Ya, saya memang sepelit itu, tapi toh barang murahan seperti ini masih bisa diandalkan saat saya hendak memindah foto dari kamera ke PC.

Jujur saya hampir tidak pernah menggunakannya, sebab di laptop sudah ada slot SD card bawaan, dan alasan yang lebih pas lagi adalah saya bukanlah seorang fotografer ataupun videografer profesional. Bagi mereka, card reader merupakan suatu komponen yang esensial, dan itulah mengapa ada perusahaan seperti Atech yang bersusah payah menciptakan card reader buat kalangan profesional.

Produk terbaru mereka, Blackjet UX-1, bukanlah sembarang card reader, melainkan yang bisa menampung dua SSD sekaligus. Mengapa harus SSD? Karena kamera sinema kelas sultan seperti RED Monstro 8K VV memang memakai SSD sebagai media penyimpanannya, dan Atech memang mengincar pengguna kamera-kamera semacam ini sebagai target pasarnya.

Di sebelah dua slot SSD tersebut, masih ada empat slot lain: CFast 2.0, XQD 2.0, CompactFlash (CF), SD card dan microSD. Total berarti ada tujuh media penyimpanan yang bisa ditancapkan, tapi seandainya itu masih kurang, pengguna dapat memanfaatkan sepasang port Thunderbolt 3 miliknya untuk menyambungkan hingga lima Blackjet ekstra ke satu komputer yang sama (Windows atau Mac).

Atech Blackjet UX-1 di tumpukan rak tipe 1U / Atech Flash

Berbekal sambungan Thunderbolt 3 yang memang memiliki bandwith sangat besar, transfer data dari semua media penyimpanan bisa dilakukan secara bersamaan dan dalam kecepatan maksimum. Mengedit video 'mentah' beresolusi amat tinggi pun bisa dilakukan tanpa harus memindahnya terlebih dulu ke komputer.

Atech Blackjet UX-1 rencananya bakal dipasarkan mulai kuartal pertama tahun ini seharga $499. Sekali lagi perangkat ini jelas bukan buat saya yang hanya menyediakan budget 10 ribu rupiah untuk sebuah card reader, dan lagi saya juga tidak mempunyai rak server tipe 1U, yang ternyata juga kompatibel dengan Blackjet UX-1.

Sumber: DPReview.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter