Categories

Gadget

Atomos Ninja V Adalah External Recorder 4K untuk Kamera Mirrorless Maupun Xbox One X

Dimensinya ringkas, tapi mendukung HDR dan mengemas fitur yang cukup komplet

Glenn Kaonang - 12 April 2018

Produsen external recorder asal Australia, Atomos, baru saja merilis produk yang cukup menarik. Namanya Atomos Ninja V, dan ia tak hanya memikat bagi kalangan videografer saja, tapi juga buat para gamer.

Sebelum membahas soal perannya di dunia gaming, mari menyoroti keunggulan utamanya yang menyangkut portabilitas. Dimensinya yang ringkas – tebalnya cuma 2,5 cm, dengan bobot 320 gram – membuatnya ideal digunakan bersama kamera DSLR maupun mirrorless, akan tetapi di saat yang sama masih menawarkan kemudahan memonitor sesi perekaman berkat layar 5,2 inci beresolusi full-HD.

Layarnya sendiri cukup istimewa karena telah mendukung HDR, dengan tingkat kecerahan mencapai 1.000 nit dan lapisan anti-reflektif. Pengguna bisa memakainya untuk merekam video 4K 60 fps 10-bit, baik dalam format Apple ProRes atau Avid DNxHR. Semuanya hanya memerlukan satu sambungan HDMI 2.0 ke kamera.

Fitur-fiturnya tidak kalah lengkap jika dibanding produk Atomos lainnya, dan yang pasti bakal memudahkan pengguna dalam memonitor berbagai parameter perekaman, termasuk halnya menampilkan hingga 10+ stop dynamic range secara real-time ketika merekam dalam format Log/PQ/HLG.

Namun seperti yang saya katakan, Ninja V juga menarik buat para gamer yang hendak merekam sesi bermainnya. Output 4K 60 fps dan dalam format HDR bisa dihasilkan selama PC atau console Anda mendukung. Ia sejatinya merupakan pendamping yang ideal untuk Xbox One X.

Atomos Ninja V sekarang sudah tersedia seharga $695. Harganya memang tidak murah, dan lagi ia memang ditujukan buat kalangan profesional, atau gamer berkantong tebal yang sanggup membeli TV HDR.

Sumber: DPReview.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter