13 November 2013

by Iqbal Farabi

Attachment Email pada Gmail Kini Bisa Dilihat dan Disimpan ke Akun Google Drive

Berbagai layanan yang disediakan oleh Google memang nampaknya cepat atau akan lambat akan terintegrasi satu sama lain. Pada pembaruan layanan Gmail baru-baru ini, misalnya, Google mengintegrasikan attachment pada Gmail dengan akun Google Drive.

Dengan pembaruan ini, saat pengguna menerima surat elektronik yang memiliki attachment, secara otomatis Gmail akan menampilkan preview berukuran kecil dari dokumen-dokumen yang ada pada attachment. Preview ini kemudian bisa diklik untuk melihat versi ukuran penuh dari attachment yang dipilih atau bisa langsung disimpan ke akun Google Drive pengguna tanpa harus beralih dari halaman Gmail yang sedang dibuka.

 

Pembaruan ini menurut saya akan semakin meningkatkan penggunaan Google Drive dan aplikasi-aplikasi Google Docs. Lebih jauh lagi, saya pikir ini merupakan strategi jangka panjang Google untuk perlahan-perlahan menghapus ketergantungan konsumen pada umumnya terhadap produk-produk Microsoft Office yang sampai saat ini masih menjadi aplikasi utama untuk mengolah dokumen dalam berbagai format.

Fitur untuk melihat dan menyimpan attachment ke Google Drive ini sementara ini baru tersedia untuk aplikasi web Gmail saja. Google menjanjikan pembaruan akan digulirkan dan mulai bisa dinikmati pengguna Gmail mulai pekan depan.

 

[gambar cover via]