Audi Select, Layanan Berlangganan Mobil 'Bebas Komitmen'

Audi Select Ialah Layanan Berlangganan Mobil ‘Bebas Komitmen’

Anda bisa gonta-ganti mobil dua kali sebulan.
Audi 2018 S5 Coupe.
Audi 2018 S5 Coupe.

Komitmen bukanlah hal mudah buat sebagian besar orang. Sebelum Anda berpikir terlalu jauh, satu contoh berkomitmen adalah memilih kendaraan. Apakah Anda akan memilih mobil sport dua pintu berperforma tinggi atau berinvestasi demi keluarga dengan membeli minivan irit? Beberapa perusahaan otomotif sudah menyiapkan jawaban dari kendala ini, salah satunya ialah Audi.

Ada kabar gembira bagi konsumen yang ingin berkendara menggunakan produk-produk ciptaan brand asal Jerman itu tanpa membeli. Minggu ini, Audi resmi meluncurkan Audi Select secara terbatas, yaitu sebuah program berlangganan yang memperkenankan kita menyewa kendaraan roda empat sesuka hati. Kata ‘sesuka hati’ perlu ditegaskan di sini karena program tersebut tidak mengunci Anda ke satu jenis mobil saja.

Berbeda dari Care by Volvo atau Lexus Complete Lease, Audi Select memungkinkan kita akses ke beberapa opsi mobil. Ada lima tipe yang saat ini bisa dipilih, yaitu S5 coupe, A5 convertible, Q5, Q7, dan A4. Mereka ini bukanlah jenis entry-level yang biasa disewakan, melainkan varian premium: S5 tersebut mengusung konfigurasi Prestige, lalu tersedia versi Premium atau Premium Plus buat A4.

Dengannya, Anda bisa gonta-ganti kendaraan sebanyak dua kali sebulan. Bayangkan, kita dapat mengendarai sedan berinterior lapang buat bekerja, kemudian menggunakan SUV di akhir minggu untuk bertamasya bersama keluarga.

Layanan Audi Select disajikan secara berlangganan. Biaya per bulan yang harus dikeluarkan memang tidak sedikit, hampir US$ 1.400; namun Anda tak perlu memikirkan lagi ongkos ganti oli, perbaikan, dan asuransi; lalu Audi Select turut didukung layanan bantuan 24-7. Kendaraan pilihan Anda bisa diambil (dan diantar kembali) di gerai Audi, atau Anda dapat meminta mereka mengirimkan mobil tersebut ke tempat tinggal, dengan tambahan biaya.

Sebelum Anda terlalu bersemangat, perlu diketahui bahwa program Audi Select baru disediakan secara eksklusif untuk konsumen yang tinggal kawasan Dallas-Fort Worth, Texas, Amerika Serikat. Audi Select sendiri bukanlah ‘layanan kendaraan berlangganan’ pertama dari perusahaan. Di tahun 2016, Audi sempat meluncurkan ‘Audi on demand‘, dengan San Francisco sebagai lokasi disuguhkannya program tersebut.

Ada peluang besar perusahaan-perusahaan otomotif akan terus bereksperimen dengan layanan berlangganan serta ride-sharing dalam upaya memperluas sayap bisnis mereka. Alasannya, pakar industri memperkirakan bahwa di masa depan, jumlah kepemilikan mobil akan berkurang. Soal harga, Audi Select masih berada di bawah Porsche yang mencapai US$ 2.000 sebulan…

Via The Verge.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Otomotif
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…