Setelah sebelumnya ke Yogyakarta, startup teknologi finansial penyedia fasilitas pembiayaan lunak tanpa kartu kredit khusus mahasiswa Cicil mengumumkan ekspansinya ke Bali. Ekspansi ini menjadi titik awal untuk perluasan wilayah operasional di luar Jawa. Sebelumnya Cicil telah mematangkan kehadirannya di Jawa dengan menjangkau kota-kota dengan populasi mahasiswa yang besar, mencakup Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Malang dan Yogyakarta.

Mengawali layanannya di Pulau Dewata, Cicil membuka akses untuk mahasiswa di tiga universitas di Bali, yakni Universitas Udayana, Universitas Warmadewa, dan Universitas Pendidikan Nasional. Menurut Marketing Lead Cicil Yuppie Wietanto, dari hasil survei yang dilakukan pihak internal Bali memiliki potensi pasar yang cukup signifikan. Di samping itu, perluasan jangkauan ini sejalan dengan roadmap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mendorong inklusi akses pembiayaan khususnya bagi masyarakat di wilayah luar Jawa.

Sistem pembiayaan yang disuguhkan oleh Cicil ialah untuk membantu mahasiswa memenuhi kebutuhan penunjang produktivitasnya. Mahasiswa yang sudah mendaftar dan terverifikasi dapat mengajukan barang yang diinginkan dari situs e-commerce populer yang telah menjadi mitra Cicil. Kemudian platform Cicil akan melakukan kalkulasi untuk menyesuaikan DP (Down Payment) minimal yang harus dibayarkan berdasarkan jangka waktu angsuran cicilan.

“Skema cicilan masih tetap menggunakan DP sebagai komitmen mahasiswa untuk membeli produk tersebut bersama-sama dengan CICIL, dengan jangka waktu pelunasan cicilan yang bisa diatur dari  1 bulan hingga 24 bulan sesuai dengan budget mahasiswa,” jelas Yuppie.

Yuppie juga menyampaikan sejauh ini Cicil sudah membuka layanan cicilan mahasiswa di lebih dari  50 perguruan tinggi yang tersebar di tujuh kota. “Target kami pada tahun ini membuka akses bagi 100 perguruan tinggi di Indonesia  dan Bali menjadi pilot project Cicil.co.id di luar Jawa, selanjutnya Cicil akan membuka akses untuk mahasiswa yang ada di Pulau Sumatra,” pungkasnya.

Untuk memperkuat penetrasinya di pasar, baru-baru ini Cicil juga meluncurkan aplikasi mobile untuk platform Android. Dan sebagai manuver strategi menjangkau kalangan mahasiswa secara lebih luas, Cicil turut menghadirkan program Ambassadors yang dapat diikuti oleh mahasiswa. Fokusnya ialah mengajak mahasiswa terlibat membantu Cicil dalam pemasaran, sebagai fasilitator cicilan dan pengembangan strategi di lingkungan kampus.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.