13 April 2015

by Yoga Wisesa

Ayo Uji Ketajaman Mata Anda Dengan Kuku Kube

Fakta menarik tentang indra pengelihatan: mata manusia setara dengan kamera bersensor 576-Mp dan bisa membedakan 10 juta warna. Jika penasaran pada kemampuan mata Anda, developer Network 365 telah menciptakan aplikasi unik sebagai platform penilaian performa pengelihatan kita. Ia dinamai Kuku Kube dan mungkin Anda sudah pernah menjajalnya.

Kuku Kube disajikan secara sederhana, namun adiktif karena menantang Anda untuk mencobanya lagi dan lagi. Ia dibuat untuk menguji pengelihatan dan sensitivitas kita terhadap warna melalui kotak-kotak persegi. Tugas pemain hanyalah mengidentifikasi kotak yang mempunyai warna berbeda. Setelah memainkan Kuku Kube, mungkin Anda akan memaklumi mengapa seisi internet sangat heboh dengan fenomena gaun hitam-biru/putih-emas beberapa waktu lalu.

Aplikasi dimulai dari memberikan pilihan empat kotak. Tapi lambat laun ukuran bangun persegi tersebut semakin mengecil, mencapai 81 kotak (9x9) dengan perbedaan warna yang kian tipis. Anda memperoleh poin buat tiap jawaban benar sembari melewati level, namun skor berkurang jika salah. Tingkat kesulitan ini ditambah sistem timer waktu mundur selama 60 detik. Ketika timer habis, maka permainan berakhir.

Selain menikmatinya, kita disarankan untuk saling berbagi hasil pada sesama teman. Penilaiannya seperti ini: Skor di bawah 11 dianggap buruk, 15 sampai 20 ialah di bawah rata-rata, kemudian 21 ke 30 adalah normal, mendapatkan nilai 31 ke atas berarti pengelihatan Anda masuk ke tingkatan istimewa.

Info menarik: Slide The Block: Game Puzzle Baru Karya Game Developer Lokal

"Permainan puzzle Kuku Kube dirancang untuk mengevaluasi kualitas 'visi warna' Anda," tulis sang developer. Mereka juga mengingatkan, "Walaupun proses tes bisa jadi sangat akurat, ia tidak boleh menggantikan peran dokter mata."

Network 365 hanyalah satu dari beberapa studio yang turut menciptakan aplikasi sejenis Kuku Kube. Anda akan menemukannya lebih banyak di Google Play Store, dari mulai garapan BlowFish (Grumpy Granny) hingga Zelory - masing-masing mempunyai sistem skor sendiri. App Network 365 boleh dibilang yang paling komprehensif karena menyuguhkan pola dan level lebih bervariasi.

Di iOS, Kuku Kube dapat ditemukan di Apple app store. Tak perlu cemas jika Anda lebih memilih menikmati app dari layar PC via browser, tinggal kunjungi saja Kuku-Kube.com atau KukuKube.ca. Semua versi tersebut bisa Anda akses dan mainkan gratis tanpa mendaftar.

Via Daily Mail.