Menyambut Ramadhan, pengembang aplikasi Badr Interactive meluncurkan empat buah aplikasi sekaligus dimana ke empatnya bernuansakan islami. Mereka adalah, Masjeed”, “Dua in Quran”, dan “Learn Quran” dan “Quran Prize”. Khusus aplikasi terakhir berbasiskan web, sementara tiga lainnya untuk platform Android.

Dalam acara bertajuk “Bincang Teknologi Kekinian” yang digelar di Bekasi, Minggu (14/6/2015), Andreas Senjaya selaku CEO Badr Interactive menerangkan latar belakang ke empat aplikasi islami tersebut dan ide pembuatannya.

Masjeed

Yang pertama, Masjeed. Ini adalah aplikasi jejaring sosial berbasis lokasi masjid dan aktivitas di sekitarnya yang bertujuan menyemarakkan kembali komunitas dan kegiatan di tempat ibadah umat Muslim tersebut. Melalui aplikasi ini pengguna dapat membagikan status, foto dan juga diskusi di akun masjid yang tersedia.

Info Menarik: 5 Aplikasi Untuk Bulan Puasa di Android, iOS dan Windows Phone

DoaInQuran

Berikutnya, Doa in Quran. Di dalam Al-quran, selain berisikan wahyu berupa perintah, ancaman dan larangan juga terdapat doa-doa para nabi. Kan susah kalau mencarinya satu per satu. Nah, aplikasi Doa in Quran ini berisikan kumpulan doa-doa tersebut sehingga pengguna dapat membacanya setiap saat tanpa perlu repot mencari di dalam Al-Quran.

LearnQuran

Sementara bagi pengguna yang ingin belajar membaca Al-quran dengan baik dan benar bisa menjadikan aplikasi Learn Quran sebagai sarana belajar yang mudah. Aplikasi akan menunjukkan kaidah membaca Al-Quran yang benar, cocok untuk pemula ataupun yang ingin memperbaiki bacaan bagi yang sudah lancar bacaannya.

QuranPrize_2

Terakhir, Quran Prize. Naik satu tingkat lebih tinggi, aplikasi ini dikhususkan bagi para penghafal Al-Quran. Di dalamnya pengguna dapat menguji hafalan mereka melalui tantangan-tantangan yang sudah dipersiapkan pengembang.

Info Menarik: Download 4 Aplikasi Android Ini Untuk Temani Ibadah Puasa Hingga Hari Kemenangan

Setelah menjelaskan manfaat dari ke empat aplikasinya, Jay juga menuturkan mengapa pihaknya meluncurkan aplikasi-aplikasi tersebut. Menurutnya, Ramadhan yang tinggal beberapa hari merupakan momen yang tepat untuk melepas aplikasi tersebut.

Melalui keempat aplikasi ini, Badr Interactive ingin meramaikan ekosistem digital dengan konten-konten bernilai Islami. “Konten-konten digital, termasuk di dalamnya aplikasi mobile, akan semakin lekat dengan kehidupan masyarakat modern. Kita perlu menyajikan alternatif yang bernilai positif. Sehingga perkembangan teknologi tak hanya melulu kita cemaskan dampaknya, tetapi juga bisa kita rasakan manfaat dan kebaikannya”, tutup Jay dalam keterangan tertulis yang diterima TRL.

Ke empat aplikasi dapat diakses di tautan berikut ini:

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.