5 November 2015

by Bambang Winarso

[Ask the Expert] Bagaimana Cara Backup Blog WordPress Melalui Cpanel?

Membackup blog wajib dilakukan agar Anda siap ketika terjadi hal tak diinginkan di masa mendatang

Halo, setelah satu minggu berselang sejak edisi terakhir, Ask the Expert kembali lagi di hari yang sama. Sebuah pertanyaan akan redaksi ulas secara lengkap, yaitu tentang cara membuat backup blog ber-engineWordPress melalui Cpanel. Berikut selengkapnya.

Pertanyaan:

Mas, saya punya blog bermesin WordPress dan karena sudah mulai ramai, saya khawatir akan ada orang iseng yang meretas blog saya. Saya bermaksud membuat backup kedua secara manual, bisa kasih tahu caranya?

Hendri

Jawaban:

Terima kasih Hendri, pertanyaannya bagus sekali.

Untuk mem-backup blog WordPress dari Cpanel, Hendri bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Silahkan login seperti biasa di Cpanel Anda, kemudian klik menu Backup Wizard.

  • Berikutnya di halaman ini klik menu Backup.

  • Sesampainya di halaman berikutnya, Anda diminta untuk memilih ingin mem-backup data yang mana. Full backup gunanya untuk mem-backup seluruh data, tapi data ini cukup rumit untuk dikembalikan jika Anda ingin me-restore data.
  • Di sebelah kanan ada pilihan Partial Backup, nah inilah yang sebaiknya Anda unduh. Home directory berisikan seluruh berkas engine WordPress, MySQL berisikan database dan email forwarders and filters berisikan berkas-berkas email di server Anda. Minimal Anda mengunduh Home directory dan MySQL database. Dua berkas ini adalah yang paling penting.

  • Pilih salah satu dahulu kemudian klik tombol Download.
  • Sambil proses unduhan berlangsung, Anda dapat kembali ke halaman sebelumnya dan gantian mengunduh berkas sisanya.

 

Selesai, simpan berkas backup-an tersebut di komputer Anda dan pastikan Anda membuat backup secara rutin.


Pembaca setia TRL, kami informasikan bahwa Trenologi kini melebur menjadi satu dengan sister company kami DailySocial. Anda bisa mengakses semua konten yang dulu ada di Trenologi di DailySocial.id/lifestyle.

Saat ini kami sedang memasuki proses pindahan. Untuk pembaca yang telah mengajukan pertanyaan atau ingin mengajukan pertanyaan, kami akan kembali dengan format Ask the Expert yang lebih baru.

Untuk sementara kolom ini tidak akan kami terbitkan lagi sampai format baru dirilis. Jika Anda memiliki pertanyaan mendesak, bisa ditanyakan lewat akun Twitter kami di @lifestyle_ds.

Tunggu tanggal mainnya dan ikuti terus informasi dunia teknologi terbaru dan perkembangan gaya hidup digital di Dailysocial.id

Sumber gambar header Shutterstock.