[Ask the Expert] Bagaimana Cara Mengosongkan Memori dan Mengapa Ikon BBM Hilang?

Pembaca TRL yang budiman, tiga pertanyaan dari pembaca akan langsung redaksi tuntaskan hari ini. Pertanyaan pertama soal cara mengosongkan memori. Kedua, soal ikon BBM yang hilang apabila sedang membuka aplikasi lain. Terakhir, soal gagal download data suatu game.

Langsung saja kita masuki pertanyaan pertama

Bagaimana mengatasi atau mengosongkan memori khususnya untuk BBM karena datanya penuh dan saat BBMan tidak bisa terkirim dan pending.

Cut Fitri Hayati

Jawaban

Seluruh data aplikasi secara default tersimpan di memori internal ponsel. Semakin lama digunakan memang memori akan semakin penuh dan berpotensi menyebabkan perangkat berjalan lambat. Jika "memori" yang Anda maksudkan adalah memori internal, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Pindahkan aplikasi lain ke memori eksternal. Silahkan buka menu Setting- App - lalu buka aplikasi yang hendak Anda pindahkan dan tap Move to SD Card.
  • Menghapus cache juga cukup membantu, caranya bisa dibaca di artikel ini dan ini.
  • Mencopot aplikasi ganda, misalnya Anda punya dua aplikasi browser. Mengapa tidak menggunakan satu saja? toh Anda tidak mungkin menggunakan keduanya secara bersamaan.
  • Menghapus data permainan. Tapi harap diingat, jika data ini dihapus maka semua level dan pengaturan game akan hilang.
  • Pindahkan foto, video, dan file ke kartu memori eksternal.

Tetapi jika "memori" yang Anda maksud adalah RAM, maka gunakan aplikasi Greenify untuk membantu melegakan resource RAM sekaligus menghemat baterai. Baca artikel ini untuk tata cara penggunaannya.

Demikian Fitri , semoga menjawab pertanyaan Anda.

Info Menarik:[Ask the Expert] Lupa Sandi dan Ponsel Tidak Bergetar Saat BBM Di-ping

Pertanyaan Kedua

Ikon bbm di bar atas kok suka ilang ya kalo buka aplikasi lain, sudh sering direset pabrik tetep gitu udh di software ke cuonter juga masih begitu tolong ya ga.

Alviana Olivia Puji Melani

Jawaban

Melani, saya juga mengalami kok apa yang Anda alami. Itu bukan masalah berarti, hilangnya ikon merupakan sistem optimalisasi yang secara otomatis dilakukan oleh Android ketika ponsel membutuhkan memori yang terpakai. Itu merupakan indikasi RAM Anda sedang terbebani. Tapi, begitu kembali normal ikon akan muncul dengan sendirinya. Jika ternyata tidak muncul, tinggal dibuka aplikasi BBM dan ditutup kembali.

Melani bisa juga menggunakan aplikasi Greenify untuk membantu memangkas aplikasi yang berjalan di bacground. Baca artikel panduannya di sini.

Pertanyaan Ketiga

Game bisa didonwload... tpi donwload data di dalamnya gak bisa. Apa yang harus diperbaiki ya?

Widodo

Jawaban

Halo Widodo, dari penjabaran Anda saya bisa tarik kesimpulan bahwa masalahnya bisa saja datang dari jaringan internet yang Anda pakai. Sebab kedua, bisa jadi server pemilik game sedang tidak dalam kondisi baik, sedang gangguan atau sedang ramai digunakan. Jadi, tidak ada masalah yang perlu dikhawatirkan. Coba lagi beberapa menit kemudian.

Sumber gambar header Shutterstock.