Categories

Tips & Trik

[Ask te Expert] Bagaimana Cara Setting IP WiFi di Android Secara Manual dan Membatasi Koneksi Data?

Bambang Winarso - 23 October 2015

Di edisi minggu ini ada dua pertanyaan yang dapat redaksi pecahkan. Yang pertama menanyakan cara setting atau mengatur alamat IP WiFi di ponsel Android secara manual. Kemudian yang kedua menanyakan cara membatasi koneksi data mobile, juga di ponsel Android.

Pertanyaan Pertama

Mas, tolong dong kasih tutorial cara setting IP address ponsel Android secara manual. Terima kasih

Anja

Jawaban

Terima kasih Anja atas pertanyaannya, bagus sekali. Ini kebetulan masuk dalam daftar topik redaksi tapi belum kesampaian. Berhubung ditanyakan, sekalian kita bahas di sini. Oke, kita langsung ke tutorialnya saja ya.

  • Pertama buka menu Settings - WiFi

  • Di menu WiFi, pastikan WiFi dalam kodisi menyala. Kemudian tap dan tahan pada SSID WiFi Anda dan tap menu Modify Network atau modifikasi jaringan.

  • Di jendela popup, beri tanda centang pada opsi Show advanced options. Kemudian akan muncul form di bawahnya, dimana Anda bisa menemukan opsi IP settings, ubah ke Static. Lalu isi form IP address dengan alamat IP yang Anda inginkan. Lainnya biarkan saja, karena biasanya akan terisi secara otomatis. Setelah itu tap tombol Save untuk menyimpan perubahan.

Pertanyaan Kedua

Selain artikel cara membatasi penggunaan data di Android Anda  (penanya merujuk pada artikel ini), adakah cara membatasi penggunaan data mobile lain yang lebih efektif?

Tuti

Info Menarik:[Panduan Pemula] Cara Upload Video ke YouTube Melalui Aplikasi Android

Jawaban

Tuti, ada satu lagi cara membatasi penggunaan data internet di Android tapi agak ekstrim. Artinya, jika cara ini dipakai, dapat menyebabkan beberapa aplikasi berhenti bekerja atau Anda tidak akan melihat notifikasi seperti pesan email baru, pesan BBM atau WhatsApp.

  • Silahkan buka Settings - Date Usage atau Pengaturan - Penggunaan Data.

  • Kemudian tap tombol pilihan, biasanya tombol paling kiri ponsel Anda (tergantung model smartphone). Lalu akan muncul beberapa opsi seperti gambar ini, nah beri tanda centang pada pilihan Restrict background data.

  • Apabila ada peringatan seperti ini, abaikan dengan cara men-tap pilihan OK.

Untuk menonaktifkan kembali pengaturan ini, silahkan ulangi langkah-langkah di atas dan hilangkan tanda centang di langkah terakhir di atas.

Sumber gambar header Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter