Bagaimana Jika Mesin Cuci Dikombinasi Dengan Sepeda?

Bagaimana Jika Mesin Cuci Dikombinasi Dengan Sepeda?

Bike Washing Machine 01
Bike Washing Machine 01

Ada dampak tak langsung dari perkembangan teknologi terhadap tubuh manusia. Ketika semua kian mudah, kita jadi malas beraktivitas fisik. Contohnya belanja online, atau memesan kendaraan hingga makanan secara online. Namun para mahasiswa Dalian Nationalities University di China dapat membalikkan efek negatif tersebut melalui sebuah penemuan yang sangat unik.

Developer mengkombinasi dua hal yang saling tidak berhubungan, yaitu sepeda dan mesin cuci. Hasilnya ialah Bike Washing Machine. Meski memiliki sepasang kayuh, setang, tempat duduk dan komponen ‘berputar’, pada dasarnya ia bukanlah alat transportasi. Perangkat tersebut akan membantu Anda dengan cara lain: Mencuci pakaian sembari berolahraga.

Desain Bike Washing Machine (disingkat BWM) sebenarnya sederhana, seperti yang disiratkan namanya. Terdapat ruang ala mesin cuci di lokasi roda depan. Tempatkan pakaian di sana, duduk di bangku, dan mulailah mengayuh. Saat dikendarai, bagian drum akan berputar, mengaduk baju-baju kotor di dalam layaknya produk pencuci listrik tradisional. Tapi apakah device hanya sesederhana itu saja?

Info menarik: Coton Handy Hadirkan ‘Mesin Cuci’ Seukuran Kaleng Hair Spray

Tim desainer telah membubuhkan generator di dalam. Gunanya menciptakan energi yang bisa disimpan untuk dipakai di lain waktu. Sayang belum ada penjelasan mengenai teknik pengisian air dan detergen otomatis. Jika mengusung cara manual (tanpa perbaruan di rancangan dasar), artinya pengguna harus memasukkan air dan sabun terlebih dulu, dilakukan berulang-ulang buat membilasnya.

Bike Washing Machine 02

Fungsi penemuan ini bisa langsung terlihat. Mahasiswa Dalian Nationalities University menjelaskan bagaimana karya mereka dapat menjadi solusi untuk konsumen yang sedang mencari alat olah fisik serta mesin cuci tapi tidak ada cukup ruang di rumah. Alternatifnya, Bike Washing Machine akan menghemat biaya listrik bulanan Anda, atau dimanfaatkan di wilayah-wilayah terpencil tanpa pasokan listrik memadai.

Bike Washing Machine bukanlah konsep baru. Desainer lain sudah pernah mengungkap ide mereka, bahkan salah satunya bisa dipakai sebagai kendaraan sungguhan. Jelmaan lain dari gagasan ini adalah Drumi, mesin pencuci mungil seukuran rice cooker yang ditenagai gerakan kaki. Walaupun unik, perangkat-perangkat tersebut tentu masih belum mampu menggantikan peran sistem cuci konvensional. Dan mungkin karenanya, BWM belum siap dipasarkan.

Bike Washing Machine masih berupa konsep, tanpa info pasti apakah ide akan dituangkan sebagai produk konsumen. Di bagian komentar artikel sumber berita ini, beberapa orang menunjukkan ketertarikan serta mengajukan pertanyaan lebih detail tentangnya.

Bike Washing Machine 03

Via Huffingtonpost.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…