Dalam mengembangkan sebuah bisnis tidak adalah langkah-langkah pasti dalam memulai. Semua tergantung kondisi dan situasi yang terjadi. Begitu juga dalam startup. Selalu ada perhitungan, keputusan, dan konsekuensi yang berbeda satu situasi dengan situasi lainnya.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa diambil sebelum memulai sebuah startup.

Pahami peta persaingan

Setiap startup pada dasarnya harus siap dari awal untuk memasuki kompetisi. Bukan kompetsi semacam hackathon atau sejenisnya, kompetisi yang dimaksud adalah kompetisi untuk memenangkan pengguna. Startup selalu digagas dari pemikiran-pemikiran menantang industri konvensional atau memberikan solusi teknologi yang sebelumnya ada.

Di titik awal, startup memiliki keharusan untuk memetakan persaingan. Seberapa banyak pesaing yang ada, seberapa besar pengaruh pasar konvensional dan variabel lain yang bisa menentukan sebuah persaingan bisnis.

Ketahui dengan pasti siapa pelanggan yang dituju

Memulai startup selain memetakan persaingan juga dimulai mendefinisikan pelanggan. Mendeskripsikan mereka serinci mungkin untuk mengukur sejauh mana produk atau layanan berguna. Biasanya jika startup berangkat dari keluhan masyarakat, tugas mencari dan mendefinisikan pelanggan berlangsung sedikit lebih mudah. Hanya saja mengukur seberapa banyak yang butuh dan mengalami persoalan menjadi tugas tersendiri.

Banyak startup yang mengira solusi yang mereka tawarkan dibutuhkan banyak orang, nyatanya tidak demikian. Pengukuran dan pendeskripsian pengguna ini yang merupakan tugas penting.

Cari tambahan talenta

Sebagai seorang pengusaha yang mengupayakan membangun sebuah startup dan sudah memiliki bayangan seperti apa akan mengembangkan startup tidak bisa tidak pasti membutuhkan bantuan. Baik itu bantuan secara teknis, bantuan pemasaran, dan jenis bantuan lainnya.

Tidak ada salahnya untuk membuka kesempatan orang lain untuk bergabung atau menyewa beberapa talenta untuk melengkapi tim. Bersama-sama dengan keahlian masing-masing bisnis diharapkan bisa lebih cepat dalam akselerasi sesuai dengan konsep startup yang cepat dalam berkembang.

Ketahui kondisi keuangan

Salah satu hal lain yang bisa jadi perhatian bagi startup untuk memulai bisnisnya adalah kondisi finansial. Ini penting mengingat finansial memegang peran penting dalam langkah-langkah yang akan diambil selanjutnya. Ketahui dengan pasti kondisi keuangan sebelum memulai semuanya.

Hitung dan pastikan jumlah dana yang ada cukup untuk mendanai startup berlayar, setidaknya bertahan dalam beberapa waktu sebelum mengharapkan adanya suntikan modal atau pendapatan dari pengguna.