Categories

Tips & Trik

[Bahas Aplikasi] ON1 Photo RAW for Mobile, Alternatif Lightroom Mobile

Fitur-fitur gratisnya, ON1 Photo RAW for Mobile sudah mencukupi untuk pengeditan foto Raw secara umum

Lukman Azis - 25 September 2020

Konsisten memotret, itu yang saya coba lakukan dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan dalam kondisi pendemi covid-19, pembatasan ruang gerak tidak mengurangi antusiasme saya dalam fotografi. Maksud saya meski di rumah saja pun ada jenis fotografi yang bisa kita coba seperti still life, food photography, macro, dan lainnya.

Untuk personal project saya lebih banyak mengedit foto lewat smartphone daripada di laptop, karena kesempatannya lebih banyak. Terima kasih untuk Adobe, Lightroom Mobile menurut saya hampir sama powerful-nya dengan versi desktop dan Adobe juga rajin merilis pembaruan disertai fitur-fitur baru.

Baru-baru ini saya menemukan ON1 Photo RAW for Mobile. Seperti namanya aplikasi tersebut memungkinkan kita mengedit foto Raw di smartphone dan kabar baiknya ini gratis sehingga mungkin bisa menjadi alternatif Lightroom Mobile.

Hands-on Aplikasi ON1 Photo RAW for Mobile

ON1 Photo RAW sendiri merupakan salah satu software editing foto profesional, maka wajar bila saya berekspektasi cukup tinggi terhadap versi mobile-nya. Aplikasi ini masih cukup baru, dirilis pada tanggal 25 Juni dan pembaruan terakhir saat tulisan ini dibuat pada tanggal 17 September.

Setelah memasang ON1 Photo RAW for Mobile, kita harus sign in menggunakan akun ON1 atau daftar bila belum memiliki akun ON1. Saat pertama kali mencobanya, saya menyiapkan file Raw hasil tangkapan Sony A6400 dan Fujifilm X100F dan ON1 Photo RAW for Mobile mendukungnya tanpa perlu berlangganan.

Antarmuka aplikasi ini tampil sederhana, kita harus import terlebih dahulu file foto yang ingin diedit. Setelah itu pilih satu foto dan tekan tombol edit, hampir semua pengaturan dasar pengeditan foto tersedia. Ada delapan menu utama yang tersedia, mulai dari crop, tone, color, AI, details, FX, brush, dan reset.

Di dalam menu tone ini kita bisa menyesuaikan exposure, contrast, highlight, midtone, shadow, white, black, structure, dan haze. Sedangkan di menu color ada temperature, tint, saturation, vibrance, hightlight, dan shadow. Lalu, pada menu detail ada sharpening dan noise reduction.

Kemudian ada fitur AI Auto yang mana hanya membutuhkan satu sentuhan dan sistem dibantu AI akan memberikan pengaturan yang paling sesuai. Bagi yang suka dengan preset atau filter, bisa menggunakan fitur FX. Selain itu, ON1 Photo RAW for Mobile juga menyediakan fitur aplikasi kamera dengan mode manual. Di mana kita bisa menyesuaikan mulai dari exposure value, shutter speed, ISO, manual fokus, dan white balance.

Fitur Premium ON1 Photo RAW for Mobile

Seperti Lightroom Mobile, ON1 Photo RAW for Mobile juga mengunci beberapa fitur premiumnya. Untuk membuka aksesnya kita perlu berlangganan dengan biaya per bulan US$7.99 atau sekitar Rp110 ribuan. Sayangnya, proses pembayarannya belum terintegrasi dengan sistem Play Store.

Saat ini, ada tiga fitur premium yaitu local adjustment, selectively apply effect, dan sync across device. Local adjustment memungkinkan kita mengedit sebagian area foto tanpa berdampak secara keseluruhan, dengan menggunakan bantuan adjustment brush atau masking bug shapes. Semua foto yang diedit juga akan diunggah ke cloud storage dengan kapasitas 100GB dan bisa meneruskan pengeditan yang dimulai dari smartphone di ON1 Photo RAW versi dekstop.

Verdict

Dengan fitur-fitur gratisnya, menurut saya ON1 Photo RAW for Mobile sudah mencukupi untuk pengeditan secara umum. Lagi pula, untuk pengeditan yang lebih serius saya akan beralih menggunakan laptop.

Karena aplikasi ini masih relatif baru, fitur dan kestabilannya juga masih perlu ditingkatkan. Saya akan terus mengamati perkembangannya lewat pembaruan di masa mendatang. Untuk fitur berlangganan saya belum dapat merekomendasikannya kecuali memang Anda pengguna ON1 Photo RAW versi desktop, harganya masih relatif mahal, dan juga belum terintegrasi dengan sistem Google Play Store.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter