Categories

Gadget

Bahas Fitur Ultra Dark Mode di Kamera OPPO Reno3

Cara kerja ultra dark mode OPPO Reno3 dan pengoptimalannya

Lukman Azis - 17 April 2020

Salah satu keunggulan dari smartphone terbaru OPPO Reno3 ialah kemampuan foto low light. Lewat fitur ultra dark mode, kamera Reno3 pun sanggup memotret di kondisi pencahayaan rendah sekalipun.

Melalui sesi interview online, saya bertanya kepada Will Lin selaku Senior Photography Algorithm Engineer OPPO mengenai cara kerja ultra dark mode pada Reno3 dan tantangan saat mengembangkannya. Ia menjelaskan bahwa saat memotret dengan cahaya rendah di bawah 1 lux, ultra dark mode akan secara otomatis aktif.

Fitur ini bekerja dengan memanfaatkan NPU dengan algoritma kecerdasan buatan baru. Hal ini memungkinkan pengguna mengambil gambar yang jelas meskipun berada di lingkungan yang gelap, bahkan dalam skenario ekstrim di mana hampir tidak ada cahaya“, jelas Will Lin.

Menurutnya ada dua tantangan saat mengembangkan ultra dark mode. Pertama dalam rangka untuk memenuhi standar yang tinggi dari OPPO, beberapa penyesuaian yang diperlukan harus dibuat dalam waktu singkat, seperti menyesuaikan optimization mode dan exposure.

Lalu, kedua untuk menyeimbangkan antara kebutuhan pengguna dan actual development juga merupakan tantangan. Sebab pengguna yang berbeda memiliki preferensi yang berbeda pula terhadap kualitas foto yang diambil dalam kondisi kurang cahaya. Saya juga sudah mencoba menggunakan ultra dark mode dengan hanya mengandalkan cahaya satu lilin, butuh percobaan beberapa kali sampai menghasilkan foto yang fokusnya tepat dan tidak underexposure.

Terus bagaimana cara memanfaatkan ultra dark mode ini secara optimal? Sedikit cahaya adalah yang dibutuhkan untuk mengaktifkan sensor. Pada Reno3 series, telah mengoptimalkan beberapa skenario pemotretan umum di malam hari seperti acara makan malam dengan cahaya lilin, pesta ulang tahun, atau foto malam di bawah sinar bintang dan cahaya yang dipancarkan oleh kunang-kunang.

Bagaimana dengan fitur 44MP ultra night selfie? Saat ini, foto dan video telah menjadi cara baru bersosialisasi. Konsumen pun mencari smartphone yang mampu menghasilkan foto yang lebih indah dan lebih jelas.

Pada kondisi cahaya yang cukup misal di siang hari, penggunaan kamera depan dengan resolusi tinggi 44MP secara efektif bisa digunakan. Sebaliknya, di malam hari meskipun jumlah cahaya yang masuk relatif lebih sedikit, tapi mereka telah mengoptimalkannya melalui algoritma dengan ultra night selfie mode sehingga dapat meningkatkan kualitas gambar untuk menebus kekurangan yang disebabkan oleh penggunaan sensor ukuran besar.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter