Categories

Gadget

[Bahas Smartphone] Samsung Galaxy A71 Edisi Baru, Haze Crush Silver

Warna baru Galaxy A71 juga membawa sejumlah fitur anyar seperti Single Take dan Mode Pro lebih lengkap

Lukman Azis - 24 August 2020

Samsung Galaxy A51 dan Galaxy A71 yang diluncurkan pada awal tahun 2020, kini hadir dengan warna baru Haze Crush Silver. Sebelumnya adik dan kakak Galaxy A series tersebut telah tersedia dalam tiga warna pastel yaitu Prism Crush Blue, Prism Crush Black, dan Prism Crush White (Galaxy A51) atau Prism Crush Silver (Galaxy A71).

Selain tampil lebih kece, varian anyar ini juga hadir dengan sejumlah fitur premium baru seperti Single Take dan peningkatan Mode Pro di sektor kameranya. Serta, ada fitur Quick Share yang membuat aktivitas berbagi file makin mudah dan juga Music Share.

Samsung-Galaxy-A71-2

Sebelumnya saya sudah pernah review Samsung Galaxy A71 berwarna Prism Crush Black dan meja pengujian tim DailySocial kembali kedatangan Galaxy A71, kali ini dengan warna barunya Haze Crush Silver. Desain pola ritmis di punggungnya sama, bedanya permukaannya tidak mengkilap melainkan matte sehingga lebih sedikit memantulkan cahaya.

Untuk spesifikasinya tidak ada perubahan, Galaxy A71 mengusung Infinity-O display 6,7 inci dengan panel Super AMOLED Plus beresolusi FHD+ dalam rasio 20:9. Dapur pacunya mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 730 dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB, lengkap dengan slot microSD. Baterainya tergolong besar dengan kapasitas 4.500 mAh dan mendukung fast charging 25W.

Fitur Baru Galaxy A71

Samsung-Galaxy-A71-3

Fitur anyar yang paling disorot ialah Single Take yang sebelumnya tersedia secara ekslusif di smartphone flagshipGalaxy S20 series. Di mana dalam sekali tekan dapat mengambil foto dan video secara bersamaan, sangat membantu untuk mengabadikan momen secara lebih lengkap.

Sebab kita bisa menghasilkan beragam variasi video mulai dari versi original, boomerang, dan fast forward. Fitur ini melibatkan teknologi Artificial Inteligence (AI) yang akan memilih satu foto dengan angle dan kualitas yang paling baik dan satu foto dalam mode hitam putih.

Cara menggunakan fitur Single Take sebagai berikut:

  • Masuk ke aplikasi kamera Galaxy A71, geser ke kanan dan temukan menu Single Take, kemudiakan arahkan kamera ke objek yang akan difoto.
  • Cukup tekan tombol sekali dan proses pengambilan gambar akan berjalan, dalam waktu 3 sampai 10 detik, tergantung kondisi pencahayaan dan objeknya.
  • Selama proses pengambilan Single Take berlangsung, kita bisa berpindah posisi bila ingin mengambil gambar dari angle yang berbeda.
  • Setelah selesai, seluruh foto dan video akan dijadikan satu rangkaian ketika dilihat di aplikasi Gallery. Kita bisa mengunggah foto dan video tersebut langsung ke media sosial seperti Instagram.

Samsung-Galaxy-A71-7

Dengan menggunakan fitur Single Take, kita akan mendapatkan beragam jenis konten dengan format foto dan video untuk dibagikan ke sosial media. Dengan sekali jeptret, konten foto bisa masuk ke feed Instagram, video versi boomerang ataupun fast forward yang bisa pengguna jadikan konten untuk Stories.

Samsung-Galaxy-A71-4

Selain itu, pengaturan kamera Galaxy A71 pada Mode Pro sekarang lebih lengkap. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan pengambilan foto dari kamera utama yang menggunakan sensor ISOCELL Bright GW1 beresolusi tinggi 64MP f1.8.

Lewat Mode Pro ini kita dapat melakukan penyesuaian mulai dari ISO, shutter speed, fokus manual, white balance, dan exposure compensation. Juga yang menarik adanya semacam profil, di mana kita bisa mengatur temperature, tint, contrast, saturation, highlight, dan shadow. Sayang, masih belum tersedia penyimpanan foto dalam format Raw.

Samsung-Galaxy-A71-5

Adapun kamera keduanya 12MP f/2.2 dengan lensa ultra wide 12mm yang memberikan bidang pandang seluas 123 derajat. Kemudian 5MP dengan aperture f/2.2 sebagai depth sensor yang manfaatnya bisa langsung dirasakan pada mode foto live focus dan juga 5MP f/2.4 dengan lensa macro.

Untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna khususnya di era new normal, Samsung juga membawa fitur Quick Share Mode. Cukup aktifkan mode ini maka berbagi file antar sesama perangkat Samsung akan semakin mudah. Hadirnya Music Share bisa membuat pengguna tetap bisa seru seruan bersama teman tanpa harus berdekatan.

Lalu, Samsung Daily juga turut dihadirkan agar pengguna dapat lebih mudah mendapatkan update mulai dari tren fashion hingga mengenai video yang sedang viral di YouTube. Untuk sisi keamanan, Galaxy A71 dilengkapi dengan Samsung Knox yang merupakan program keamanan data pribadi dari Samsung untuk menjaga berbagai jenis data pengguna baik berupa file, foto, maupun video. Semua fitur baru yang disebutkan di atas juga bisa dinikmati oleh pengguna Galaxy A71 lewat update firmware.

Samsung-Galaxy-A71-6

Satu lagi, guna mendukung kemajuan para gamer dan juga eSports di Indonesia, Samsung juga mengumumkan kehadirannya di turnamen eSports Piala Kemenpora Esports 2020 yang dilaksanakan mulai 17 Agustus sampai 13 Oktober 2020. Samsung juga akan memberikan 5 unit Galaxy A71 bagi para pemenang turnamen untuk digunakan sebagai daily driver mereka berlatih.

Dengan layar Super AMOLED Plus 6,7 inci FHD+, Galaxy A71 akan menjadi partner yang cocok bagi para mobile gamer untuk semakin meningkatkan kemampuannya. Chipset Snapdragon 730G dengan konfigurasi memori 8GB/128GB serta AI Gaming booster akan membuat pengalaman bermain game semakin smooth dan minim lag. Samsung juga akan memberikan pelatihan kepada para pemenang bersama para pro player selama 3 bulan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter