Categories

Gadget

Baidu Ajukan Paten Smart Wallet yang Bisa Membaca Iris Mata Penggunanya

Oki Rosgani - 9 June 2015

Baidu yang lebih dikenal sebagai penyedia layanan mesin pencari asal Tiongkok kini telah memiliki bisnis di berbagai lini, tidak hanya untuk perangkat mobile dan desktop PC tetapi perusahaan ini juga berhasil memboyong layanannya ke pasar tanah air melalui sejumlah event dan promosi.

Info Menarik: Situs Pintar Ini Bisa Mengenali Spesies Burung Hanya dari Fotonya

Perusahaan yang dinahkodai oleh Robin Li ini juga memiliki sejumlah portofolio produk canggih seperti smartphone yang ditawarkan dengan harga lebih bersahabat bagi pengguna di Tiongkok sana. Produk yang mereka rilis sangat beragam, tak terkecuali perangkat wearable yang kini semakin populer di kalangan pecinta gadget.

Setelah keberhasilannya dalam merilis perangkat Baidu Eye sebagai perangkat kacamata pitar, baru-baru ini Baidu juga dikabarkan tengah mengajukan paten baru dari perangkat yang disebut sebagai Smart Wallet, ya sebuah ‘dompet pintar’.

Kendati perangkat dompet pintar ini memiliki bentuk dan desain yang sama dengan dompet pada umumnya, namun dari informasi yang ada pihak Baidu telah menyematkan sejumlah teknologi di dalamnya.

Dengan menjejalkan fitur GPS (Global Positioning System) serta modul elektronik mini yang bisa menghubungkan dompet ini dengan perangkat smartphone, seperti bisa kita tebak, fitur ini memungkinkan bagi penggunanya untuk melacak posisi dompet tersebut saat hilang atau dicuri.

Tidak hanya itu, sebagai penambah fitur keamanannya, pada bocoran pengajuan paten tersebut juga dijelaskan bahwa dompet pintar ini akan memiliki teknologi pemindai sidik jari, pemindai iris mata, serta pengenal suara penggunanya, sehingga nantinya dompet pintar ini tidak bisa dibuka oleh orang lain selain pemiliknya.

Jikapun ada orang yang berusaha untuk membuka dompet itu secara paksa dengan murasaknya, konten yang ada di dalam dompet seperti kartu kredit, kartu debit dan kartu ATM akan langsung dirusak dengan cairan yang akan menyembur secara otomatis pada kartu-kartu tersebut agar kartu-kartu tidak dapat digunakan oleh pencuri.

Info Menarik:Sambut Kebangkitan PC Desktop, MSI Siapkan Nightblade MI dan Aksesori Gaming

Apakah pengajuan paten ini akan menjadi produk yang bisa dinikmati oleh kalangan umum? Tentunya kita harus menunggu dan berharap bahwa invonasi dan perkembangan teknologi yang ada, terutama yand dimiliki Baidu akan bisa mewujudkannya menjadi produk utuh.

Sumber dan Gambar Header: ChinaReview via GizmoChina

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter