Baidu Antivirus Tetap Dukung Keamanan Pengguna Windows XP

Baidu akan tetap memberikan dukungan pada sistem operasi Windows XP untuk menjaga keamanan pengguna yang masih memakai sistem operasi dari Microsoft ini.

Dukungan dari Microsoft akan dihentukan untuk update security dan patch bagi pengguna Windows XP, selain itu Microsoft Security Essentials, yang adalah antivirus gratis, juga tidak akan menyediakan update virus database untuk Windows XP. Penghentian dukungan ini menjadi masuk akal karena Windows sendiri kini telah tersedia versi 8 dan bersiap untuk Windows 8.1. Dukungan akan dihentikan mulai 8 April 2014.

Meski demikian, bagi Anda yang masih menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows XP, Anda tetap bisa menggunakan antivirus dari Baidu sebagai antivirus gratis untuk menjaga keamanan komputer Anda.

Baidu tetap akan memberikan dukungan bagi sitem operasi Windows XP yang ternyata masih menguasai 30% pangsa pasar sitem operasi PC. Dalam rilis resmi dijelaskan bahwa tim security Baidu Antivirus menyebutkan bahwa disaat update security tidak tersedia untuk Windows XP, resiko zero-day attack akan bertambah di pengguna XP. Pihak tidak bertanggung jawab bisa melakukan reverse-engineer security patch yang dirilis untuk Windows 7 untuk mencari celah keamanan tersebut apakah sama pada XP.

Begitu celah keamanan tersebut ditemukan, mereka akan menggunakannya untuk menyerang sistem XP, yang berarti bahwa pengguna XP akan berada di bawah ancaman zero-day attacks.

Dijelaskan oleh Zhiqiang Dong pimpinan tim Baidu Antivirus bahwa, “kami akan melanjutkan untuk memberikan semua security service terbaik kita untuk pengguna XP di seluruh dunia”.

Pengguna XP sendiri banyak yang memilih untuk tidak meng-upgrade ke OS baru, hal ini dikarenakan hardware mereka mungkin tidak mampu menjalankan sistem yang paling baru karena alasan kecepatan.

Sedangkan Baidu Antivirus sangat ringan dan mampu berjalan dengan lancar, selain itu produk ini menawarkan perlindungan penuh bahkan pada komputer lama sekalipun.

Selanjutnya Dong juga menjelaskan bahwa Baidu Antivirus menggunakan tiga lapis gerbang sistem keamanan komprehensif, untuk memberikan keamanan secara keseluruhan untuk pengguna XP.

Gerbang pertama dalam sistem adalah penjaga pintu utama: menghentikan ancaman sebelum mereka mencapai komputer Anda dengan memblokir phishing scam dan unduhan yang berbahaya. Gerbang kedua adalah scanning dengan teknik komputasi awan: menghadang semua ancaman yang dikenal dengan teknik komputasi awan yang canggih dan sistem pemindaian lokal. Pintu gerbang ketiga adalah active protection: dengan tujuh lapisan perlindungan komputer dan tiga lapisan perlindungan privasi untuk mencegah program yang tidak dikenal menyerang komputer pengguna.

Untuk lebih jelas berikut bagan Baidu Antivirus triple-gate security system:

Baidu Antivirus sendiri adalah salah satu produk dari Baidu yang telah banyak mendapatkan penghargaan perihal keandalan dari sisi keamanan. Bulan Desember tahun lalu, Softonic.com memilih Baidu Antivirus sebagai ‘antivirus paling menjanjikan' untuk kategori antivirus. Beberapa penghargaan lain yang diterima Baidu Antivirus adalah dari VB100 virus bulletin, sertifikasi Checkmark dari West Coast Labs, dan sertifikasi OPSWAT.

Baidu Antivirus sendiri tersedia untuk pengguna Windows XP, Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8. Produknya bisa diunduh lewat web resmi: http://antivirus.baidu.com.

*) Artikel ini adalah Advertorial yang disponsori oleh Baidu Browser. Baidu Browser provides a new mobile browsing experience! Download Baidu Browser: link.