Untuk merayakan hari jadi GIF yang ke-30, Facebook menggulirkan satu fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan gambar berformat GIF di dalam komentar. Artinya, pengguna tidak lagi harus menyematkan tautan ke komentar, tapi bisa langsung menemukan sebuah tombol dan berkomentar dengan gambar animasi GIF jika Anda tak bisa menemukan kata-kata yang tepat.

Tombol GIF yang disisipkan ke kolom komentar sebenarnya bukan sesuatu yang benar-benar baru. Pasalnya Facebook sudah mempersiapkan fitur ini sejak tiga bulan yang lalu meski baru di lingkup terbatas. Sembari meluncurkan tombol GIF untuk pengguna global, Facebook juga mengumumkan statistik penggunaan GIF yang mencapai 13 miliar hanya di Messenger dalam setahun terakhir atau hampir 25 ribu GIF setiap menitnya. Pengiriman GIF terbanyak terjadi di tahun baru 2017 yang mencapai 400 juta gambar.

Kembali ke topik, tombol GIF ini memberikan akses baru ke layanan Giphy dan Tenor untuk menemukan jutaan gambar GIF yang diinginkan sebagai pengganti komentar teks. Selain di aplikasi mobile, tombol GIF juga bisa dijumpai oleh pengguna yang mengakses Facebook dari desktop. Dan untuk mempermudah pengguna, fitur ini juga akan menampilkan GIF yang sedang trending seperti di Messenger.

Facebook sendiri mulai mendukung gambar animasi GIF sejak tahun 2015, tetapi kala itu pengguna harus menyisipkan tautan gambar ke dalam komentar. Kini, dengan hadirnya tombol GIF yang tentunya menyuguhkan cara yang lebih mudah, Facebook berharap intensitas penggunaan GIF akan semakin tinggi.

Sumber berita FB.